• News

  • Wisata

Menikmati Sensasi Mancing Dapat Ikan Besar di Banggai

Banggai menjadi salah satu andalan wisata mancing.
Kamenpar
Banggai menjadi salah satu andalan wisata mancing.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) berupaya menggali potensi wisata yang ada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, salah satunya dengan mengangkat wisata mancing atau recreational fishing sebagai unggulan.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Dwisuryo Indroyono Soesilo saat kegiatan FGD Pengembangan Wisata Bahari (Recreational Fishing) mengatakan untuk mendukung pelaksanaan recreational fishing di Banggai dibutuhkan regulasi mengenai wisata mancing.

Regulasi tersebut nantinya akan dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Pengembangan ‘recreational fishing’ ini diharapkan mampu mendorong adanya pembangunan di wilayah Banggai Laut sehingga pada akhirnya juga diharapkan dapat memberikan ‘domino effect’ yang positif kepada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” tutur Indroyono.

Saat ini, kata Indroyono, Indonesia telah berhasil mengembangkan wisata bahari, seperti menyelam, selancar, hingga _cruising_ ke dunia internasional. Akan tetapi, hal ini belum terjadi untuk wisata memancing.

“Devisa wisata mancing ini berbeda dengan wisatawan pada umumnya, nilainya bisa 7 kali lipat dari wisata leisure yang rata-rata hanya 1.100 dolar AS perorang,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan, mengatakan Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut (Banggai Brothers) merupakan destinasi wisata memancing yang indah, nyaman, dan aman.

“Potensi tersebut juga didukung dengan kemudahan akses transportasi ke Banggai. Terlebih lagi dengan akan adanya penerbangan langsung Batik Air dari Jakarta ke Banggai mulai 26 Mei 2019,” kata Alexander, dalam siaran persnya, Sabtu (25/5/2019).

Untuk menggali potensi itu, nantinya akan dilaksanakan kompetisi memancing internasional bertajuk Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019 pada 27-29 September 2019 di Banggai, Sulawesi Tengah.

“Acara ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Di hari pertama dan kedua akan dilakukan kompetisi memancing, sedangkan di hari ketiga akan dilaksanakan kegiatan joy-sailing ke Banggai Kepulauan,” katanya.

Selain unggul dalam perikanan, Banggai Brothers juga memiliki keindahan alam yang dapat ditawarkan kepada wisatawan, seperti Pulau Tikus, Tugu Trikora peninggalan sejarah Indonesia, Pulau Tinalapu, Bukit Teletubbies, Bukit Kasih Sayang, Air Terjun Salodik Kec. Luwuk Utara, Pulau Dondolang Pagimana, dan lain-lain.

FGD ‘Recreational Fishing’ ini menghadirkan 5 keynote speakers, antara lain:
Dr. Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc. selaku Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata / Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari; Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si; Fatiyah Suryani Mile S.H, M.H. selaku Chairwoman Asosiasi Kapal Rekreasi Indonesia; H. Rais D Adam selaku Bupati Banggai Kepulauan; Ir. Abdullah, M.Si selaku Sekda Kab. Banggai

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?