• News

  • Wisata

Nyasar di Perbatasan Nepal yang Membawa Berkah

World Peace of Budha, Lumbini.
Netralnews/Sulha
World Peace of Budha, Lumbini.

LUMBINI, NEPAL, NETRALNEWS.COM - Nyasar sudah pasti menyebalkan dan pengalaman paling tidak enak. Tapi, nyasar kali ini, justru membawa berkah.

Berhati-hatilah saat Anda membeli tiket pesawat promosi, sebab bisa seenak-enaknya saja pengelola airline menunda atau meniadakan penerbangan. Jet Airways yang seharusnya membawa kami terbang dari Kathmandu ke New Delhi harus digrounded lantaran bangkrut.

Sayangnya, pemberitahuan dilakukan mendadak dan membuat pemegang tiket tak bisa berkutik selain harus membeli tiket pesawat lainnya. Namun, harga tiket pengganti saat itu sangat menjulang tinggi bahkan mencapai 10 kali lipat dari harga promo Rp1.3000.000.

Alhasil dari Kathmandu menempuh jalur darat yang harga tiketnya sekitar Rp280.000 ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam.Sialnya, begitu sampai perbatasan Nepal-India, visa kami tak diterima karena menggunakan e-Visa.

"Dengan sangat menyesal Anda harus mengurus visa darat dan bukan e-visa seperti yang Anda pegang," demikian petugas imigrasi di Kathmandu.

Bingung harus kembali ke Kathmandu, seorang menawarkan jasa penginapan di sekitar perbatasan. Daerah tersebut bernama Lumbini. Okelah, akhirnya kami bermalam di Lumbini dengan mengeluarkan kocek sewa kendaraan sekiar Rp300.000 dan harga kamar Rp 350.000.

Kami tercengang begitu pagi tiba dan melihat sekitar hotel ternyata ada sebuah tempat indah luas, penuh pepohonan rindang, dan penuh bangunan kuil atau Pagoda. Kami memutuskan untuk menyewa Tuk tuk dengan mambeayar sekitar Rp150.000 selama tiga jam,sekadar bisa keliling Taman Lumbini

Ternyata, di sinilah Budha Sidharta Gautama lahir dan di sini juga Pagoda terbesar bagi umat Budha. Para umat Budha setidaknya harus datang ke sini dan melihat keindahan Pagoda serta taman yang ada di sana. Kamu boleh masuk dan melihat langsung tempat Budha dilahirkan dalam sebuah tempat yang dingin dan teduh.

Pagoda terbesar ada di  <a href=Lumbini" width="370" height="493" />

Pagoda terbesar salah satunya ada di Lumbini

Kamu juga dibolehkan melempar uang sekadar berterimakasih pada bayi Budha yang sudah menciptakan kedamaian di dunia.
Di Wolrd Peace of Budha ini kamu bakalan melihat Pagoda yang dibangun dari beragam negara dengan ciri khasnya. Kamu bisa berkunjung Pagoda yang dibangun atas sumbangan negara Jerman, Jepang, Singapura, Thailand, dan berbagai negara sahabat lainnya.

Puas berkeliling dan berdoa di singgasana bayi Budha lahir, kamu bisa jalan-jalan di taman yang luas. Tak ketinggalam para instagramable juga bisa ambil foto dengan latar belakang keindahan taman Lumbini ini.

Jadi persiapkan diri kamu untuk ke Lumbini tanpa harus membayar untuk masuk ke sini.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?