• News

  • Wisata

Lebaran, Pengunjung Pantai Balekambang Malang Ditaksir Capai 30 Ribu/Hari

Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur.
Pemkab Malang
Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur.

MALANG, NETRALNEWS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang membidik kunjungan wisata selama Lebaran 2019 ke Pantai Balekambang mencapai 30 ribu per hari.

Destinasi wisata Pantai Balekambang di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, yang menjadi "primadona" wisata pantai di Kabupaten Malang itu, arus kunjungan wisatawannya dari tahun ke tahun terus meningkat.

"Kunjungan wisata ke Pantai Balekambang pada tahun 2016 mencapai 526 ribu orang. Pada tahun berikutnya mengalami kenaikan menjadi 572 ribu wisatawan," kata Kepala Disbudpar Kabupaten malang Made Arya Wedhantara di Malang, Sabtu.

Made memproyeksikan Pantai Balekambang akan semakin dipadati wisatawan pada momen libur panjang, seperti libur Lebaran yang tinggal beberapa hari ke depan, Natal dan Tahun Baru. "Kalau libur Lebaran, biasanya bisa mencapai 10 ribu orang per hari," kata Made.

Hanya saja, lanjut Made, angka tersebut masih fluktuatif, bisa saja berubah, bisa meningkat, tetap atau menurun. Namun, selama ini ketika libur Lebaran rata-rata bisa mencapai 10 ribu wisatawan per hari.

Made mengakui kunjungan wisatawan ke Balekambang pernah mengalami penurunan pada akhir 2018 karena adanya isu tsunami dan faktor alam (gelombang tinggi). Pada saat itu, Balekambang hanya dikunjungi sekitar 7 ribu wisatawan per hari.

"Saat itu isu tsunami begitu kencang dan masif di media sosial, sehingga mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang dikenal sebagai 'Kuta'-nya Malang. Namun, saat libur Lebaran kali ini kami perkirakan bisa naik tiga kali lipat dari sebelumnya," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Untuk mewujudkan target 30 ribu wisatawan per hari selama Lebaran 2019 tersebut, pengelola (PD jasa Yasa) melakukan berbagai pembenahan, termasuk infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya, seperti spot foto never ending Balekambang, Lawang Segoro, dan Lawang Kunjung.

Selain itu, faktor keselamatan pengunjung juga menjadi prioritas pengelola, bahkan PD Jasa Yasa memastikan tidak ada kenaikan harga tiket masuk.

Pantai Balekambang merupakan satu dari puluhan pantai eksotik yang berada di sepanjang pesisir pantai selatan Malang, seperti Pantai Kondangmerak, Sendangbiru, Goa China, Ungapan, Bajul Mati, Teluk Asmara, Pantai Bengkung, dan Pantai Tiga Warna.

Karena banyaknya pantai indah di sepanjang pesisir pantai selatan Malang hingga perbatasan Lumajang itu, Kabupaten Malang juga dijuluki dengan kabupaten seribu pantai.

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?