• News

  • Wisata

Taman Bumi Pulau Belitung Bakal Jadi UNESCO Global Geopark

Pulau Batu Garude, salah satu landmark di Belitung.
visitbangkabelitung.com
Pulau Batu Garude, salah satu landmark di Belitung.

JAKARTA NETRALNEWS COM - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritimanmendampingi Asesor (Tim Penilai dan Peninjau) dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) untuk melakukan penilaian pada taman bumi yang diusulkan menjadi geopark dunia, di Belitung.

“Mereka akan di sini selama empat hari, sejak 25 hingga 28 Juni. Kedua asesor yang datang disambut cukup meriah oleh masyarakat yang menandakan bahwa aktivitas pemberdayaan masyarakat di geopark ini sudah berjalan dengan baik,” ujar Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim, Latief Nurbana, yang hadir mewakili Kemenko Bidang Kemaritiman di Belitung, Sabtu (29/6/2019).

Ia menjelaskan, kedua Asesor Unesco, yakni Andreas Schuller dan Jean Simon Pages diajak untuk menikmati kelengkapan warisan geologi, warisan budaya dan keanekaragaman hayati yang terdapat di Belitung. Asesor kagum dengan apa yang mereka lihat karena baru pertama kali ke Indonesia.

“Mereka memberi impresi kekompakan dan tekad Geopark Belitung untuk maju. Terlebih, penyambutan resmi otoritas Pemerintah Daerah yang dalam hal ini disambut langsung oleh Bupati Belitung dan Belitung Timur serta Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung dilakukan sangat meriah dengan menampilkan acara budaya berupa tarian dan iringan lagu melayu,” jelasnya.

“Mereka berkeyakinan bahwa Geopark Pulau Belitung ke depannya akan menjadi UNESCO Global Geopark,” jelas Latief dalam keterangan persnya.

Geopark Pulau Belitung sudah menjadi geopark Nasional pada tahun 2017, tapi untuk wisatawan luar negeri masih belum banyak yang datang.

Untuk itu, salah satu cara menarik wisatawan luar negeri untuk datang ke Pulau Belitung, dengan membuat Geopark Belitung menjadi UNESCO Global Geopark.

“Melalui kekompakan Tim Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung selama penilaian dan bukti-bukti yang mampu ditunjukkan dengan baik kepada asesor, maka saya berkeyakinan bahwa Geopark Pulau Belitung akan segera menjadi UNESCO Global Geopark,” terangnya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan.H.P