• News

  • Wisata

ITDC Pastikan Sirkuit Mandalika Ground Breaking September 2019

Seorang pengunjung The Mandalika berfoto di media promosi MotoGP Mandalika 2021.
ITDC
Seorang pengunjung The Mandalika berfoto di media promosi MotoGP Mandalika 2021.

MATARAM, NETRALNEWS.COM - Komisaris PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Lalu Gita Ariadi mengatakan "ground breaking" pembangunan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan dilakukan pada September 2019. "September kita lakukan "ground breaking," ujar Gita di Mataram, Rabu (28/8/2019).

Ia menegaskan, meski direncanakan pada bulan September. Namun, kepastian waktu dan tanggal pelaksanaan "ground breaking" masih harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan Presiden Jokowi. Karena diharapkan saat "ground breaking" pembangunan Sirkuit Mandalika akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan bisa kita laksanakan sesuai jadwal. Tapi kita masih lihat lagi dengan kesibukan Presiden," terang Gita.

Menurut Gita yang juga menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB itu, walaupun saat ini lahan yang dibebaskan belum sepenuhnya "clear and clean". Namun, hal tersebut kata Gita, tidak akan mengganggu rencana pembangunan sirkuit. Karena, tidak semua lahan dilokasi yang akan dibangun bermasalah.

"Yang belum dibebaskan itu tinggal sedikit hanya ada di beberapa titik, tapi hampir semuanya sudah clear and clean. Apalagi saat ini tahap "land clearing" dan pemagaran sekeliling area sirkuit sudah berjalan. Kalau pun ada yang belum dibebaskan masih dalam proses. Jadi tidak ada masalah dengan pembangunan," tegasnya.

Gita mengaku optimis pembangunan Sirkuit Mandalika akan mulai dikerjakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan diharapkan tuntas pada Desember 2020.

"Begitu "ground breaking" terus konstruksi mulai Oktober dan Desember 2020 semua sudah selesai," katanya.

Sementara itu, menurut Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, tanggal balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020. ITDC menargetkan dapat melakukan uji kelayakan sirkuit pada akhir 2020.

Kepastian penyelenggaraan even MotoGP di KEK Mandalika diperoleh setelah ITDC menandatangani Promoter's Agreement dengan Dorna pada 28 Januari di Madrid, dimana Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama 5 tahun mulai tahun 2021.

Selain menjadi tuan rumah balap MotoGP, Mandalika, seperti dilaporkan Antara, juga mendapatkan kontrak untuk menggelar FIM MOTUL Superbike World Championship (WSBK).

"Penyelenggaraan event MotoGP dan WSBK ini diyakini akan memberikan positioning yang kuat bagi The Mandalika sebagai salah satu destinasi sport tourism unggulan di Indonesia," ujar Abdulbar.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan.H.P