• News

  • Wisata

Hanya Sehari di Jogja? Ini 5 Aktivitas Seru yang Dapat Diakukan

Candi Prambanan
Wikipedia
Candi Prambanan

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setiap wisatawan tentu ingin menghabiskan waktu berlama-lama saat liburan ke Jogja. Hanya saja, terkadang kondisi yang ada tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Alih-alih liburan beberapa hari di Jogja, sementara Anda hanya memiliki waktu bebas selama sehari. Kalau berada pada situasi seperti ini, Anda tidak perlu khawatir.
Dengan waktu sehari, Anda bisa pula merasakan liburan yang puas di Jogja. Ada 5 pilihan aktivitas seru yang bisa Anda coba kalau hanya memiliki waktu liburan sehari di Jogja. Lima kegiatan wisata tersebut adalah:

1. Berburu sunrise di Candi Prambanan
Manfaatkan waktu liburan semaksimalnya dengan bangun pagi buta. Momen pagi hari bisa jadi pilihan tepat untuk menyaksikan sunrise cantik. Tempat yang bisa Anda tuju untuk memperoleh panorama sunrise indah adalah Candi Prambanan. Hanya saja, aktivitas ini hanya bisa Anda lakukan pada hari Minggu dengan akses dari pintu bagian Barat.

2. Sarapan gudeg legendaris Yu Djum
Selepas menikmati sunrise cantik di Prambanan, Anda bisa melanjutkan ke aktivitas berikutnya, yakni sarapan gudeg. Banyak gudeg enak yang bisa dicicipi selama di Jogja. Namun, kalau ingin gudeg yang legendaris, pilihan terbaiknya adalah Gudeg Yu Djum. Ada beberapa outlet Gudeg Yu Djum di Jogja, dan warung yang ada di Jalan Wijilan Nomor 167 kerap menjadi pilihan utama.

3. Berkeliling Keraton dan Benteng Vredeburg
Ketika perut sudah kenyang, Anda dapat melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Tidak lengkap liburan ke Jogja kalau tanpa berkunjung ke Keraton Jogja. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyempatkan waktu berkeliling ke Benteng Vredeburg yang lokasinya hanya selemparan batu dari keraton. Kedua tempat ini juga lokasinya berada sangat dekat dengan Gudeg Yu Djum Wijilan 167.

4. Menikmati sunset cantik di Candi Ratu Boko
Ketika waktu memasuki sore hari, Anda perlu menyempatkan waktu berkunjung ke Candi Ratu Boko. Pemandangan matahari terbenam (sunset) di tempat ini terkenal sangat indah. Apalagi, lokasi ini juga dikenal sebagai salah satu tempat pengambilan gambar untuk film "Ada Apa Dengan Cinta 2".

5. Makan malam santai di Angkringan Pak Jabrik

Makanan di Angkringan Pak Jabrik (Instagram Gembeljajan)


Setelah puas menikmati panorama sunset, sempatkan waktu untuk bersantai dan menikmati sajian makan malam di angkringan. Ada banyak angkringan yang bisa dipilih.

Sebagai pertimbangan, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke Angkringan Pak Jabrik yang lokasinya di depan Kantor Kedaulatan Rakyat. Angkringan ini menjadi salah satu angkringan legendaris yang telah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Nah, itulah itinerary yang bisa Anda manfaatkan kalau hanya memiliki waktu liburan sehari di Jogja. Untuk memanfaatkan waktu liburan yang terbatas tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan memilih sarana transportasi yang cepat, tak lain adalah pesawat terbang.

Tidak perlu khawatir harga tiket yang mahal, Anda dapat memanfaatkan layanan pemesanan tiket murah secara online menggunakan aplikasi Airy. Cara pemesanannya juga mudah, cukup dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai pilihan maskapai penerbangan. Untuk pilihan maskapai yang ekonomis, tersedia tiket pesawat Lion Air, Citilink, Sriwijaya, dan yang lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir menjadi korban penipuan seperti halnya melakukan pemesanan di tempat lain.

Tidak hanya aman, pesan tiket pesawat di Airy juga memberi rasa nyaman. Mereka menyediakan fasilitas yang menguntungkan konsumen. Buktinya, Anda akan memperoleh kemudahan ketika ingin melakukan reschedule ataupun refund

Editor : Y.C Kurniantoro