• News

  • Wisata

Indahnya Taman Marhamas, Surga Kecil di Rusun Marunda

Taman Marhamas atau Marunda Berhati Emas di kawasan Rusun Marunda
Netralnews/YC Kurniantoro-Tommy
Taman Marhamas atau Marunda Berhati Emas di kawasan Rusun Marunda

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ada yang istimewa di antara bangunan menjulang dari Rumah Susun (Rusun) Marunda di bilangan Jakarta Utara. Bagaimana tidak, di Rusun yang kesannya padat penduduk ternyata tersimpan sebuah surga kecil bernama Taman Marhamas atau singkatan dari Marunda Berhati Emas.

Kepala Unit Pengelola (UP) Rusunawa Marunda Ageng Darminto mengatakan, Taman Marhamas merupakan sebuah market place, display dari berbagai produk hasil pembibitan oleh petani yang ada di Rusun Marunda.

"Jadi ini (Taman Marhamas) dari masyarakat (Rusun Marunda), oleh masyarakat dan untuk masyarakat," kata Ageng pada Netralnews, Jumat (27/9/2019).

Menurut Ageng, market place dari Rusun Marunda sudah cukup komplit, pasalnya selain ada Taman Marhamas, ada pula Rumah Kreatif yang menghasilkan kerajinan kreatif berbahan baku kerang. Selain itu ada juga Kompos Marunda dan pengelolaan pampah, industri kreatif, hingga berbagai produk kuliner yang dihasilkan warga rusun.

Dalam waktu dekat akan di taman pula Pohon Bunga Sakura Indonesia atau disebut Pohon Tabebuya, sebagai salah satu lokasi untuk berinterkasi antar warga.

"Ini adalah tempat ketiga. Kalau kita tahu ketika kita tinggal ada hunian yaitu rusun, kerja ada kantor, dan selama ini warga tidak mengenal satu sama lain dan Taman Marhamas diciptakan untuk interaksi antar warga.

Manfaatnya, pengelola ini masyarakat Rusun Marunda lebih bahagia. Maka dari itu Taman Marhamas hadir sebagai bunga kehidupan dan bunga kebahagaiaan.

"Masyarakat diharap bisa happy, bisa bertani, menanam dan yang membanggakan ketika ada hasilnya," harap Ageng.

Taman Marhamas sendiri rencananya akan diresmikan pada Rabu (9/10/2019) mendatang. Kata Ageng, Meski diresmikan di kawasan Rusun Marunda, namun salah satu destinasi wisata alam ini boleh dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan internasional.

"Salam Marhamas Mulya," tutup Ageng.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Taat Ujianto