• News

  • Wisata

Ini 5 Tempat Wisata Kuliner Terlezat di Aceh

Masakan di Rumah Makan Hasan.
instagram.com @genepganjil
Masakan di Rumah Makan Hasan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Masakan Aceh dikenal sebagai salah satu kuliner terlezat di Indonesia. Kuliner ini memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu rempah kuat.

Tak heran jika aromanya mampu mengguggah selera. Asyiknya, hampir semua masakan khas Aceh dapat dinikmati di berbagai suasana.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Khas Aceh
Bagi Anda yang sedang berlibur di Aceh, jangan lewatkan untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata kuliner khas Serambi Mekkah berikut ini.

Rumah Makan Hasan
Rumah makan yang didirikan sejak tahun 1989 ini merupakan tempat makan populer di Aceh. Rumah Makan Hasan menyuguhkan beragam jenis masakan Aceh, seperti sie kameng dan ayam tangkap.

Sajian khas yang tak boleh Anda lewatkan adalah pliek’u. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kulit lembut yang dicampur dengan santan, bawang, daun melinjo, cabai hijau, dan parutan kelapa.

Banda Seafood
Jika Anda termasuk pencinta hidangan laut, maka Anda wajib berkunjung ke Banda Seafood. Di tempat ini, Anda dapat menikmati sajian seafood segar yang didatangkan langsung dari Simeulue. Sembari menunggu hidangan matang, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan pantai Aceh yang memesona.

Mie Razali
Mie Razali tercatat sebagai salah satu tempat makan tertua di Aceh. Didirikan sejak 1967, warung mi Aceh ini tak pernah sepi pembeli.

Tersedia tiga pilihan mi Aceh, yakni mi Aceh rebus, mi Aceh goreng, dan mi Aceh goreng basah. Berbeda dengan mi Aceh pada umumnya, mi di tempat ini disajikan dalam porsi besar. Terdapat berbagai varian isi yang dapat Anda pilih sesuai selera, mulai dari ayam, daging sapi, jamur, cumi, kepiting, dan udang.

Ayam Lepas
Ayam lepas merupakan makanan asli khas Aceh yang dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai kawasan. Ayam goreng ini sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Bumbu rempahnya sangat terasa. Sekali gigit, Anda akan merasakan sensasi pedas yang memikat dan membuat ketagihan. Ayam lepas ini sangat cocok dijadikan kudapan malam hari bersama keluarga tercinta.

Canai Mamak Kuala Lumpur

Ayam bakar di Canai Mamak Kuala Lumpur (instagram @ayamlepaasjerudong)


Canai Mamak Kuala Lumpur merupakan rumah makan yang didirikan oleh penduduk asli. Konon, pendirian rumah makan ini terinspirasi dari pengalaman sang pemilik ketika bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia.

Canai sendiri tercatat sebagai kuliner khas Negeri Jiran yang disukai oleh banyak orang. Di Sumatera, khususnya Aceh, penikmat roti canai sangat tinggi. Di Canai Mamak Kuala Lumpur terdapat sejumlah varian canai yang dapat Anda coba, mulai dari canai boom keju, canai kosong kari, canai coklat, hingga canai srikaya.

Selain menyuguhkan roti cania, tersedia makanan lain yang tak kalah lezat, seperti nasi briyani, nasi lemak, dan teh tarik. Soal harga tak perlu khawatir, sebab seluruh menu yang ada dibanderol dengan harga terjangkau.

Itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata kuliner di Aceh yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan. Agar rencana perjalanan Anda lancar, pastikan untuk booking penginapan dan tiket pesawat Trigana Air ke Aceh sejak jauh hari. Gunakan aplikasi Airy untuk mendapatkan harga terbaik. Nikmati kemudahan memesan tiket pesawat murah Batik Air dengan jaminan fasilitas pengembalian dan ganti jadwal.

Tersedia tiga opsi pembayaran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni melalui gerai Indomaret, transfer bank, dan kartu kredit. Selain mudah, seluruh transaksi melalui Airy terjamin keamanannya dan bebas dari penipuan. Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan bisnis ke Aceh, Airy menyediakan paket perjalanan bisnis dengan fasilitas lengkap.

 

Editor : Y.C Kurniantoro