• News

  • Wisata

Mau Wisata Kuliner di Solo? Kunjungi 5 Tempat Ini

Serabi Notosuman
kmk312yulia.wordpress
Serabi Notosuman

SURAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selain suvenir, kuliner merupakan salah satu cara untuk mengenang traveling ke Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Kota budaya ini memiliki beragam makanan khas dengan harga ramah kantong. Sebagai rekomendasi, berikut tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi.

1. Serabi Notosuman
Serabi Notosuman menjadi oleh-oleh terpopuler asal Solo yang dibanderol dengan harga Rp20.000-Rp25.000 per 10 buah. Pusat penjualannya berada di Jalan Moh Yamin Nomor 28. Tempat ini menjual serabi sejak tahun 1923. Tak heran, serabi Notosuman menjadi incaran para pelancong.
 
Kuliner serabi Solo ini dibuat dalam dua rasa, yakni original dan cokelat. Bahan luarnya terbuat dari tepung beras dan santan. Saat disantap, rasa gurihnya sungguh terasa. Masyarakat Solo biasa melengkapi kegurihan serabi bersama secangkir teh hangat di sore hari.

2. Warung Pecel Bu Kis
Anda pernah makan pecel? Hampir di seluruh Indonesia menyediakan makanan pecel. Namun, pecel buatan Bu Kis beda rasa dan tampilannya. Bu Kis menghidangkan nasi sambal pecel bersama babat, empal, telur, dan ayam. Sedikit jeroan juga ditambahkan untuk menggugah selera makan.

Secara keseluruhan, rasa pecel Bu Kis cenderung manis dan tidak terlalu pedas. Biasanya, Bu Kis menambahkan daun pepaya, bayam, kembang turi, kenikir, dan tauge di atas nasi, lalu disiram sambal kacang.

Anda ingin mencicipi? Datang saja ke lokasi Warung Pecel Bu Kis di Jalan Gleges, Priyobadan, Solo.

3. Nasi Liwet Wongso Lemu
Nasi Liwet Wongso Lemu merupakan warung makan yang terletak di Jalan Teuku Umar. Warung ini sudah ada sejak tahun 1950. Kerennya, warung legendaris tersebut masih dikelola oleh keturunan generasi pertama.

Satu porsi nasi liwet terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang. Di atas nasi ditaburi ayam goreng suwiran, telur, sayur labu siam, dan dicampur bubur santan. Selain itu, nasi liwet dihidangkan bersama daging ayam goreng bagian paha, sayap, serta jeroan berupa ampela dan hati.

Untuk menikmati nasi liwet berikut lauk-pauknya, Anda cukup membayar Rp19.000 per porsi.

4. Timlo Sastro
Timlo Sastro adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Solo. Sejak tahun 1952, Timlo Sastro dikenal lezat dan murah. Uniknya, cita rasa Timlo Sastro tidak pernah berubah, meski sudah dikelola beberapa generasi.

Sajian Timlo Sastro berupa bihun yang disiram kuah bening seperti sup. Sementara di atas bihun, ditambahkan suwiran ayam, irisan telur, wortel, dan sosis. Khusus telur, biasanya dimasak kecap dengan bumbu khas.

Timlo Sastro bisa disantap bersama nasi hangat dan segelas teh di pagi hari. Untuk membeli satu porsinya, Anda hanya perlu menyediakan uang Rp7.000—18.000.

5. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro (beritahandry/wordpress)

Jika Anda pernah mencicipi tahu gimbal, pasti tidak asing dengan kuliner tahok. Bedanya, tekstur tahok lebih lembut dan berwarna putih bersih. Bisa dikatakan, tahok lebih mirip puding. Meski begitu, bahan dasar tahok sama seperti tahu, yakni kedelai.

Untuk menemukan makanan tahok, Anda bisa menyambangi Tahok Pak Citro di Pasar Gede Solo. Resep Pak Citro dalam menghidangkan tahok senilai Rp4.000 ini belum ada tandingannya. Tidak lupa, Pak Citro pun melengkapi hidangan tersebut dengan siraman gula merah, daun pandan, serei, dan jahe.

Bagaimana? Anda sudah siap mencicipi aneka kuliner khas Solo? Kota ini masih menyimpan puluhan kuliner yang lezat. Jadi, segera persiapkan liburan Anda dengan memesan kamar hotel dan tiket pesawat Nam Air ke Solo.

Hanya lewat situs atau aplikasi Airy, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat Batik Air maupun hotel keren dengan harga terjangkau. Bahkan, setiap transaksi Anda di aplikasi tersebut dijamin bebas penipuan. Anda juga dapat menggunakan layanan refund dan reschedule kalau menjumpai kendala dalam perjalanan.

Editor : Y.C Kurniantoro