• News

  • Wisata

Ini Alasan Disparbud DKI Adakan Pergelaran Pecinan Batavia 2019 di Kota Tua

Festival budaya bertajuk 'Pergelaran Pecinan Batavia 2019' di Taman Fatahilah, Kota Tua.
Istimewa
Festival budaya bertajuk 'Pergelaran Pecinan Batavia 2019' di Taman Fatahilah, Kota Tua.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta menggelar festival budaya bertajuk "Pergelaran Pecinan Batavia 2019" di Taman Fatahilah, Kota Tua, Jakarta Barat, pada Sabtu (16/11/2019) malam.

Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata Dadang Solihin yang hadir untuk membuka kegiatan tersebut mengatakan "Pagelaran Pecinan Batavia 2019" merupakan kegiatan pertama kali melalui Dinas Pariwisata.

"Agar warisan budaya ini tidak dilupakan oleh masyarakat, Dinas Pariwisata melakukan implementasi dengan Pergelaran Pecinan Betawi,” kata Dadang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/11/2019).

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro mengatakan, acara ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya di ibu kota, termasuk budaya Tionghoa. Selain itu, kegiatan ini upaya untuk melestarikan kebudayaan nasional.

"Acara ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya di ibu kota, termasuk budaya Tionghoa.” ujar Asiantoro.

Festival tersebut menampilkan banyak seni budaya khas Tionghoa dan Betawi, antara lain pertunjukkan barongsai. Warga yang datang ke acara ini juga mendapat kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan khas Tionghoa dan Betawi.

Sedangkan acara puncak festival ini adalah drama musikal kolosal yang menampilkan keseharian etnis Tionghoa saat Jakarta masih bernama Batavia.

Editor : Nazaruli