• News

  • Wisata

Gelar Festival, Toraja Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Gelar Festival, Toraja tingkatkan ekonomi rakyat.
Kemenparekraf
Gelar Festival, Toraja tingkatkan ekonomi rakyat.

TORAJA, NETRALNEWS.COM - Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenparekraf yang diwakili Tazbir Abdullah, mengatakan pariwisata adalah cara jitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Apa yang kita lakukan untuk meningkatkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat. Yang unik adalah budaya dan kopi. Kopi Toraja sudah sangat dikenal dan harus mendunia. Namun ingat, pariwisata akan maju kalau ada komitmen masyarakat dan kepala daerah," papar Tazbir, dalam siaran persnya, Sabtu (28/12/2019).

Sedangkan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muh Ricky Fauziyani menambahkan, salah satu upaya mempromosikan daerah adalah memperbanyak event.

"Banyuwangi bisa jadi contoh. Semua bisa dijadikan event. Karena lewat event daerah akan semakin dikenal lewat pemberitaan. Tapi tidak hanya menggelar. Kualitas event juga harus dipikirkan," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan Toraja memiliki kekayaan yang luar biasa.

"Alam Toraja sangat luar biasa. Dan itu semua dibalut dengan budaya yang unik, yang berbeda daerah lain di Indonesia. Perpaduan itu adalah modal buat pariwisata Toraja. Apalagi jika atraksi, amenitas, dan aksesibilitas (3A) memadai. Pariwisata Toraja akan lebih melesat," ujarnya.

Editor : Sulha Handayani