• News

  • Wisata

Semarang Kota Terbersih di Asia Tenggara

Ilustrasi Kota Semarang, Jawa Tengah
Wikipedia
Ilustrasi Kota Semarang, Jawa Tengah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ibu kota Jawa Tengah, Semarang, dinyatakan sebagai kota wisata terbersih di Asia Tenggara. ASEAN memberikan penghargaan tersebut dalam acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 yang diadakan di Brunei Darussalam, Kamis (16/1/2020).

Kota Semarang berhasil meraih predikat sebagai kota terbersih setelah mengalahkan sejumlah kota wisata lainnya di Indonesia, seperti Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. Sebelumnya, pada forum yang sama 2017 lalu, Semarang pernah masuk menjadi nominasi, namun belum berhasil menjadi juara.

Pemberian penghargaan tersebut diterimakan oleh Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminddin mewakili Wali Kota Hendrar Prihadi yang berhalangan hadir.

Adapun sejumlah kota lain yang mendapatkan predikat serupa adalah Vung Tau City, Quy Nhon City, dan Hue City di Vietnam.

Seperti dikutip dari website ASEAN, sejumlah aspek yang menjadi indikator penilaian antara lain, manajemen lingkungan, kebersihan, manajemen pengolahan limbah, membangun kesadaran tentang perlindungan dan kebersihan lingkungan, penyediaan ruang hijau, keselamatan kesehatan dan keamanan kota, serta infrastruktur dan fasilitas pariwisata.

Penghargaan ini diharapkan bisa membawa pariwisata di Kota Semarang menjadi lebih baik lagi, dengan target wisatawan yang tak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga luar negeri, terutama dari negara-negara Asia Tenggara.

Sebagai informasi, setiap dua tahun sekali ATF memberikan penghargaan kepada kota-kota wisata di kawasan Asia Tenggara yang memenuhi kriteria sebagai ASEAN Clean Tourist City Standard.

ATF sendiri merupakan forum yang melibatkan industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN. Gelaran ATF diadakan di negara yang berbeda secara bergantian. Tahun ini Brunei menjadi tuan rumah, sementara pada 2022 mendatang Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah.

Editor : Y.C Kurniantoro