• News

  • Wisata

Gurih dan Nikmatnya Sop Buntut Goreng, Begini Cara Membuatnya

Sup Buntut Goreng
BlokBojonegoro
Sup Buntut Goreng

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sop Buntut Goreng salah satu masakan tradisional Indonesia yang banyak diminati berbagai kalangan.

Dengan rasa khas nusantara yang dipadu kuah bening dan gurih serta bertabur bawang goreng diatasanya membuat semua orang ngiler melihatnya.

Apalagi dimakan di musim penghujan saat ini pasti tambah nikmat.

Kelezatan Sup Buntu Goreng ini memang sudah banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner di Indonesia. Berikut akan diberikan cara pengolahan dan langkah-langkah membuatnya, dijamin tidak kalah lezat dengan Sup Buntut Goreng yang biasa disajikkan di restaurant-restaurant terkenal di kota Anda. Penasarn yuk simak cara membuat sup buntu goreng seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan:

- 750 gram buntut sapi, potong menururt ruasnya

- 2000 ml air

- 2 batang seledri, simpulkan

- 2 buah bawang Bombay, belah membujur 6 bagian

- 2 sdm margarin

- 3 sdm minyak

- 200 gram wortel, kupas, potong melintang 2 cm

- 2 sdt garam

- 1 sdt merica bubuk

- 2 cm biji pala

- 3 buah cengkeh

- 2 batang daun bawang, potong melintang 2 cm

Pelengkap:

- 2 sdm bawang merah goreng

- Acar mentah

Cara membuat

1. Masukan buntut sapi, seledri dan bawang Bombay ke dalam panic berisi air. Rebus hingga daging empuk. Angkat buntutdan tiriskan. Sisihkan kaldu.

2. Panasakan margarin dan minyak. Goreng buntut sebentar. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.

3. Jerang kaldu di atas api. Masukkan wortel. Tambahkan garam, merica, pala, dan cengkih. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidij dan wortel matang.

4. Masukan daun bawang. Masak dan aduk sebentar. Angkat.

Penyajian:

Letakkan beberapa buntut di dalam mangkuk saji. Tuang kaldu berikutwortel di atasnya. Taburi bawang merah goreng. Sajikan segera dengan acar.

Langkah dan proses pembuatannya yang mudah akan membuat resep sop buntut goreng ini menjadi salah satu resep favorit Anda di rumah bersama keluarga maupun rekan Anda. Jangan lupa menyantapnya harus selagi hangat, dan jika Anda suka tambahkanlah emping sebagai pelengkapnya dan sambal cabai untuk menambah sensai pedas bagi Anda penyuka pedas, selamat mencoba.

Editor : Sesmawati