• News

  • Wisata

Kupat Tahu Bandung Cocok Jadi Menu Sarapan Pagi Ini, Begini Cara Membuatnya

Kupat Tahu Bandung
Istimewa
Kupat Tahu Bandung

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bandung memang sudah sangat dikenal memiliki aneka ragam kuliner tradisional yang enak dan menarik. Bagi yang suka jalan-jalan ke Bandung, pasti sudah sering dengar yang namanya Ketupat Tahu Bandung atau kupat tahu. Makanan ini seringkali dijual di pagi hari.

Di pinggir jalanan Kota Bandung pasti Anda akan menemukan makanan tradisional yang satu ini. Menu ini merupakan menu sarapan umum bagi warga Bandung. Harganya yang murah, tidak terlalu mengenyangkan memang sangat cocok untuk menu sarapan.

Nah, untuk Anda yang tidak tinggal di daerah tanah Sunda dan ingin sekali mencoba makanan ini. Anda bisa membuatnya di rumah kok, bahan bakunya sangat mudah didapat, selain ekonomis juga praktis. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuatnya seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan-bahan

- 10 buah ketupat @ 100 gram

- 10 potong (500 gram) tahu kuning digoreng

- 3 butir telur rebus, diiris bundar

- 250 gram toge panjang direbus sebentar

- 2 sdm bawang goreng

- 100 gram kerupuk merah

Bumbu Kacang:

- 250 gram kacang tanah, digoreng

- 100 gram gula merah

- 1 iris kecil kencur, digoreng, dihaluskan dengan blender

- 1 sdm bawang putih goreng

- 100 ml air asam

- 300 ml santan

- 5 sdm kecap manis

- garam secukupnya

- air jeruk limau sesuai selera

Sambal Rawit:

- 20 buah cabai rawit, direbus, dihaluskan

- Garam secukupnya

-----Campur jadi satu

Cara membuat

1. Bumbu kacang: Campur adonan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan blender bersama air asam dan santan, aduk hingga rata, lalu masak dalam panci hingga mendidih, tambahkan kecap manis, garam dan air jeruk limau, aduk rata, angkat. Sisihkan.

2. Ambil piring saji, letakan ketupat, tahu, telur, toge, lalu siram dengan bumbu kacang, atasnya beri taburan bawang goreng dan kerupuk merah.

Hidangkan bersama sambal rawit.

Jika anda biasa sarapan nasi atau roti, menu ini dapat dijadikan pilihan alternative karena menggunakan lontong/ketupat sehingga keluarga anda tidak bosan dengan sarapan yang anda sajikan. Sarapan ketupat tahu ini juga sangat sehat karena tidak banyak menggunakan minyak dalam mengolahnya. Selamat mencoba.

Editor : Nazaruli