• News

  • Wisata

Makanan Unik "Bakso Uleg", Perpaduan Gado-Gado atau Karedok yang Dicampur Bakso

Ilustrasi bakso
Tangkapan layar Youtube Food Vlogger Magdalena
Ilustrasi bakso

TANGERANG, NETRALNEWS.COM – Makan Gado-gado mungkin sudah biasa, makan Bakso juga sudah lumrah. Tapi bagaimana rasanya makan Gado-gado dan Bakso yang dicampur sekaligus?.

Ternyata di Tangerang ada sebuah tempat makan yang bernama Bakso Ibu Emi. Rumah makan tersebut menyediakan menu makanan unik bernama Bako Uleg.

Bakso Uleg adalah perpaduan antara Gado-gado atau Karedok yang dicampur dengan Bakso. Gado-gado sendiri terdiri dari berbagai sayuran matang, sedangkan karedok dari berbagai sayuran mentah dan dipadukan dengan saus bumbu kacang.

“Bakso Uleg adalah Gado-gado atau Karedok yang diuleg dnegan bumbu kacang, disiram dengan kuah bakso dan bakso. Di Banyuwangi juga ada makanan serupa, yakni rujak yang dicampur dengan kuah soto. Mirip perpaduannya,” kata Food Vlogger Magdalena, dikutip dari unggahan tayangan Youtubenya, Minggu (2/8/2020).

Tahap pembuatan Bakso Uleg adalah bawang putih, cabai, kacang tanah dan gula merah yang diuleg. Berbagai bahan itu lantas ditambah dengan air Jeruk Limau yang menambah kesegaran. Bumbu Kacang lantas ditambah dengan Gado-gado atau Karedok, sesuai selera.

Tidak sampai di situ, Gado-gado atau Karedok yang sudah ditempatkan di mangkok lantas ditambah Soun, potongan Dauln Seledri dan Bawang Goreng. Terakhir tinggal di tuang kuah bakso, tetelan, dan Bakso.

Bakso nya juga ada beragam, yakni bakso halus biasa, Bakso Mercon yang pedas berisi Cabai Rawit, hingga Bakso Selimut. Bakso Selimut adalah Bakso yang dilapisi dengan adonan Telur Ayam yang dibandrol dengan harga Rp 15.000 per mangkoknya.

“Rasanya tidak seaneh itu. Rasanya seperti Gado-gado yang diberi kuah kaldu Bakso yang ringan. Jadi Gado-gado versi encer. Sangat bisa dinikmati. Enak kok, enak,” kata Magda.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli