• News

  • Wisata

Yuk Coba Buat Camilan Viral ‘Odading Mang Oleh‘ 

Odading Mang Oleh
Istimewa
Odading Mang Oleh

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Viral di media sosial terkait makanan bernama Odading atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan Kue Bantal. Sang pedagang yang menarik perhatian yakni bernama Mang Soleh atau akrab disapa Mang Oleh dari Kota Kembang, Bandung.

Tak mau antre panjang mengular, atau belum sempat ke Bandung? Tenang, Pemenang MasterChef Indonesia 3 William Gozali atau akrab disapa Willgoz punya resepnya. 

Tak mau pelit, chef bertato ini jabarkan bahan dan cara membuat Odading di kanal Youtube masaknya, seperti dikutip pada Jumat (18/9/2020).

Bahan-bahan membuat Odading: 

- 300gr tepung cakra

- 5 gram ragi

- 80 gram susu

1 telur

- 1 sdt garam

- 1/3 sdt baking soda 

- 80 gram gula

- 2 sdn susu kental manis

- 30 gram margarin

- wijen 

- minyak goreng

Cara memasak:

Tahap pertama adalah aktifkan ragi. Willgoz jabarkan, sebetulnya tahap ini tidak begitu diperlukan tetapi baik untuk dilakukan agar tahu ragi yang digunakan aktif. Caranya adalah memasukkan ragi pada air hangat. Tahap selanjutnya, tambahkan gula, tunggu sampai ragi terlihat aktif. 

Tahap kedua, menyiapkan adonan kering. Diantaranya siapkan wadah, masukkan tepung, baking soda, sejumput garam dan ratakan. 

Tahap ketiga, siapkan wadah berbeda. Masukkan telur dan susu kental manis, aduk hingga merata dan gabungkan dengan adonan kering. Aduk perlahan. 

Tahap keempat, uleni adonan sampai kalis. Masukkan butter agar adonan lembut dan gurih. 

"Prosesnya memang agak berantakan, tapi adonan akan menyatu. Makin diuleni, makin elastis," kata pria berkacamata ini. 

Tahap kelima, adonan yang sudah diuleni masukkan pada wadah dan tutup dengan kain bersih. Istirahatkan hingga adonan mengembang dua kali lebih besar. 

Tahap keenam, rolling adonan hingga ketebalan sekitar 1cm. Potong kotak-kotak dengan pisau, taburi wijen, dan diamkan sekitar 1-2 jam. 

Tahap ketujuh, siapkan minyak panas dengan jumlah agak banyak dan api kecil. Goreng adonan yang sudah dipotong-potong hingga kuning kecokelatan. 

"Ada gurih dari butter, manis. Ada wangi dari wijen," kata Willgoz. 

Selamat mencoba!

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati