• News

  • Wisata

Daerah Ini Kembangkan Tujuh Destinasi Wisata, Ini Tujuannya

Air terjun Sekuang di Kepahiang.
Antara Foto
Air terjun Sekuang di Kepahiang.

KEPAHIANG, NETRALNEWS.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu tengah mengembangkan tujuh destinasi wisata yang ada di daerah itu.

Tujuh destinasi wisata di Kepahiang antara lain, Air Terjun Sengkuang, Air Terjun Bukit Hitam, Curug Embun, Danau Suro, Air Terjun Merigi, Mountain Valley Kabawetan, Damai Sari Flower dan Air Terjun Daspetah.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Teddy Adeba di Kepahiang, Jumat, mengatakan pengembangan tujuh destinasi wisata  di wilayah itu dilakukan  bertahap sejak beberapa tahun belakangan baik menggunakan pembiayaan daerah maupun anggaran pusat.

"Tujuh destinasi wisata unggulan yang ini semuanya adalah wisata alam, di mana pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat dan BUMDes," kata dia.

Keberadaan tujuh destinasi wisata di Kepahiang itu kata dia, saat ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal juga dari luar daerah seperti di Kota Bengkulu, Curup dan lainnya.

Pengelolaan destinasi di wilayah itu sendiri sudah melibatkan peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan kelompok masyarakat masing-masing desa dengan memanfaatkan potensi wisata desa.

"Sudah ada tiga BUMDes yang mengelola pariwisata desa seperti yang ada di Desa Sidorejo, Desa Sidomakmur dan Desa Sukasari. Tetapi karena adanya pandemi COVID-19 sehingga yang baru buka kembali adalah lokasi wisata Mountain Valley di Desa Sidorejo," terangnya.

Potensi wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang kata Teddy, cukup banyak terutama air terjun namun semuanya belum bisa digarap karena keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah itu.

Editor : Widita Fembrian