• News

  • Wisata

Inilah Tempat Liburan Berdasarkan Umur

Tempat liburan yang menawarkan aneka permainan anak sangat tepat untuk mereka. (Ilustrasi:Netralnews)
Tempat liburan yang menawarkan aneka permainan anak sangat tepat untuk mereka. (Ilustrasi:Netralnews)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sudahkah Anda menentukan pilihan akan berlibur kemana saat Lebaran nanti?  Seorang psikolog Anna Merien dari Universitas Tiongkok menyebutkan, kebutuhan liburan dapat disesuaikan dengan usia.

Menurutnya, tiap umur berbeda-beda kebutuhan liburan dan target yang menyenangkan untuk setiap orang. Karena itu, usia sangat penting menentukan kategori jenis liburan yang dibutuhkan.

Berikut liburan berdasarkan umur seseorang sesuai dengan kebutuhan yang diterimanya sehingga liburan menjadi saat yang paling menyenangkan dan ditunggu setiap orang.
 
Anak-anak

•    Memilih tempat berlibur untuk anak-anak, terutama yang di bawah lima tahun sebetulnya mudah. Pantai adalah salah satu pilihan. Di sana anak-anak bisa bermain air, bermain ombak, berlarian di atas pasir, menggali dan membangun istana pasir, menggambar pasir, atau mengubur kaki di dalam pasir. Selain itu, anak-anak bisa melakukan aktivitas mencari kerang dan bermain bola.
•    Selain pantai, anak-anak bisa diajak berlibur ke kebun binatang melihat koleksi dan menyentuh binatang jinak. Di kebun binatang selain berlibur, anak-anak bisa belajar. 

Remaja

•    Pada usia ini biasanya anak-anak mulai kritis dan mencari tempat berlibur yang dianggap punya tantangan. Wahana bermain seperti Universal Studio Singapore atau Disneyland bisa menjadi salah satu lokasi berlibur. Di tempat itu, mereka bisa menguji keberanian dengan mencoba menaiki salah satu wahana.
•    Remaja juga bisa diajak berlibur ke alam terbuka di pegunungan atau pantai. Tidak harus ke lokasi-lokasi yang ekstrem atau berbahaya, tapi setidaknya bisa membuat mereka merasa bisa melawan rasa takut. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain menyelam, arung jeram, mendaki gunung, dan berkemah.
•    Buat remaja, menjadi sukarelawan kegiatan sosial bisa menjadi salah satu wahana berlibur yang menarik. Liburan seperti ini bisa mengasah ketajaman sosial mereka.

Keluarga

•    Liburan bersama keluarga bisa dilakukan dengan menyewa rumah-rumah penginapan. Tentukan terlebih dahulu bersama anggota keluarga lokasi menyewa rumah penginapan, bisa di pinggir danau atau di lereng gunung.
•    Salah satu aktivitas berlibur yang dapat dilakukan bersama keluarga adalah berlayar dengan kapal pesiar atau menyewa yacht berkeliling lautan selama beberapa hari kemudian menginap di resor di sebuah pulau.

Pasangan

•    Bagi pasangan traveling keliling Eropa atau Asia bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Jika ingin merasakan tantangan bisa dilakukan dengan gaya backpacker atau kalau tidak mau repot tinggal pesan lewan agen perjalanan.
•    Bisa juga berlayar dengan kapal pesiar ke Pulau Karibia dengan pantai yang eksotik.

Editor : Sulha Handayani