Netral English Netral Mandarin
20:12wib
Kasus Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan adanya tren peningkatan. Polisi tidak menilang pengendara mobil-mobil mewah yang sengaja berhenti di Tol KM 02.400 Andara (Jalan Tol Depok-Antasari), Minggu (23/1/2022).
Ngerokok Bareng Istri, Onadio Leonardo Sadari Anaknya Speech Delay: Nggak Bisa Ngomong Si Kampret Satu

Selasa, 30-November-2021 09:30

Onadio Leonardo dan istrinya.
Foto : Instagram onadioleonardo official
Onadio Leonardo dan istrinya.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Artis Onadio Leonardo dan sang istri, Beby Prisillia Leonardo akui selama satu hingga dua tahun belakangan amat sibul. Onadio sibuk dengan berbagai macam pekerjaan dan istri bertindak sebagai managernya. 

Di momen itu, sang anak, Juan Gianluca Leonardo Wage atau akrab disapa Juan hanya dipercayakan kepada suster pengasuh. Ketika Juan menginjak usia dua tahun, rupanya sang anak speech delay alias alami keterlambatan berbicara. 

“Pas umur dua tahun, dia speech delay. Dia nggak bisa ngomong nih, si kampret satu,” ujar Onad sambil tertawa, dikutip dari Youtube TS Media, Selasa (30/11/2021). 

Beby tambahkan, saat ini anaknya baru belajar menyebut kata “papa” dan jalani terapi. Onad duga, ini terjadi karena kurangnya komunikasi dan berlebihan penggunakan gawai. Juan lebih banyak berinteraksi pada sesuatu yang tidak nyata. 

“Dia nggak rangkak, langsung jalan. Giginya juga udah penuh,” ujar Beby. 

“Gue udah panik. Gue takut,” timpal Onad. 

Keadaan itu disadari Onad dan istri ketika sedang duduk dan merokok. Dia melihat sang anak hanya diam membisu, tidak berbicara. Keadaan itu baru disadari sekitar satu hingga dua bulan ke belakang. 

Ketika Juan ulang tahun ke dua, mereka mengundang teman-teman yang juga memiliki anak balita. Onad dan Beby melihat balita-balita lain ngoceh, ada yang minta makan dan minum, senang bermain. Sedangkan Juan asyik dengan gawai, menangis bertemu orang, hingga disadari ada yang tidak beres. 

“Langsung ke psikolog, karena suka main gadget, nggak pernah diajak ngobrol. Ini gara-gara kita lah, sorry ya Juan,” ucap Onad. 

Selain ke psikolog dan mengurangi penggunaan gawai, Onad dan Beby lebih banyak mengajak Juan mengobrol. Apabila anaknya rewel, tindakan yang dilakukan adalah mengajak bermain dan tidak langsung diberikan gadget. 

Onad akui, itu tidak banyak dilakukan olehnya. Onad lebih sibuk dengan pekerjaan dan upaya-upaya demikian lebih banyak porsinya dilakukan oleh sang istri, yang lebih memiliki banyak waktu di rumah. 

“Sekarang ke psikolog, f*ck the gadget, ajak ngobrol. Not me but her, manager kan sign aja dari rumah,” kata Onad. 

                                                                                  

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi