Netral English Netral Mandarin
00:53wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Nigeria Butuh Makanan Halal, Ini Syarat Bisa Ekspor

Selasa, 28-September-2021 13:00

Nigeria butuh makanan dan minuman halal dari Indonesia.
Foto : Halal Food
Nigeria butuh makanan dan minuman halal dari Indonesia.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Produk makanan dan minuman (mamin) halal Indonesia makin  menjadi perhatian di seluruh dunia. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, produk halal Indonesia makin dikenal dan diminati. 

Perhatian masyarakat dunia juga terjadi sepanjang pameran dagang internasional Halal Expo Nigeria 2021 yang berlangsung di Trade Convention Center, Abuja, Nigeria. Pameran tersebut merupakan pameran internasional pertama bertema halal yang diselenggarakan di Nigeria yang juga diikuti oleh Malaysia dan Taiwan. 

“Produk mamin halal Indonesia menjadi pusat perhatian pada Halal Expo Nigeria 2021. Produk  mamin Indonesia dipandang baik di mata masyarakat Muslim di Nigeria karena memiliki sertifikasi halal yang diakui dunia,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi  Sumedi. 

Halal Expo Nigeria 2021 diikuti oleh dua perusahaan Indonesia. Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan menambahkan, meskipun sertifikasi halal di Nigeria belum  diwajibkan, tetapi beberapa organisasi muslim Nigeria telah menerbitkan sertifikasi halal. 

“Saat  ini, sertifikasi halal belum menjadi syarat kewajiban di Nigeria. Sehingga, Nigeria belum memiliki  badan sertifikasi halal yang didukung secara resmi oleh pemerintah Nigeria. Namun, beberapa  organisasi Muslim Nigeria telah menerbitkan sertifikasi halal dan beraliansi dengan beberapa  badan sertifikasi halal dunia. Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk mamin halal,” imbuh Hendro.

Halal Expo Nigeria 2021 merupakan pameran dagang internasional yang menampilkan produk- produk yang memiliki sertifikasi halal. Produk-produk tersebut antara lain makanan, minuman, fesyen muslim, serta jasa sertifikasi halal. Hingga hari terakhir penyelenggaraan Halal Expo Nigeria, tercatat 600 pengunjung hadir secara fisik dari beberapa state di Nigeria. 

Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021, Indonesia berada pada peringkat  ke-4 dan Nigeria berada di peringkat ke-13 berdasarkan nilai indikator ekonomi. Sedangkan, di  kategori makanan halal, modest wear, serta media dan rekreasi, secara berurutan Indonesia  berada di peringkat ke-4, ke-3 dan ke-5 dunia. Sementara itu, Nigeria merupakan satu satunya negara di Afrika berperingkat 15 besar berdasarkan indikator keseluruhan. Hal ini termasuk dalam kategori pembiayaan syariah dan modest fashion. 

Berdasarkan Badan Statistik Nigeria (Nigerian Bureau of Statistics), demografi populasi Nigeria berdasarkan agama yaitu penduduk beragama Islam (53,5 persen), Katolik (10,6 persen), Kristen (35,3 persen), dan kepercayaan lain (0,6 persen).

 

 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sulha Handayani