Netral English Netral Mandarin
03:24wib
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Sejumlah jaringan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di berbagai daerah menyoroti kasus-kasus dugaan kriminalisasi petani jelang Hari Tani Nasional.
Nikmatnya Belanja Online Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Apa Saja Keuntungannya?

Senin, 10-Mei-2021 22:11

Ilustrasi
Foto : Pexels
Ilustrasi
25

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Layanan cicilan tanpa kartu kredit atau cicilan online sekarang ini sedang digandrungi dan menjadi primadona di banyak kalangan masyarakat. Meroketnya tren belanja online beberapa tahun terakhir merupakan salah satu alasan mengapa produk keuangan berbasis digital tersebut kian populer. 

Namun, yang paling utama, cicilan tanpa kartu kredit mampu menjadikan aktivitas belanja online lebih mudah dan meningkatkan daya beli masyarakat. Barang incaran yang awalnya tak terjangkau keuangan jadi mampu dibeli secara mencicil via layanan kredit online tersebut. 

Proses pengajuannya pun begitu simpel dan tak banyak memakan waktu penggunanya. Cukup berbekal KTP dan beberapa dokumen pribadi lainnya, pengajuan akan langsung disetujui dan bisa langsung digunakan untuk berbelanja online. Dikombinasikan dengan kepraktisan belanja online, hasrat gunakan layanan kredit online ini tentu menjadi jauh lebih sulit untuk dibendung.

Nah, jika Anda tergolong sebagai orang yang masih belum atau ragu menggunakan cicilan tanpa kartu kredit saat belanja online, ada beragam manfaat yang Anda lewatkan. Agar tak lagi ketinggalan, yuk, simak kenikmatan yang pasti didapatkan saat memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit saat berbelanja online berikut ini.

Proses Pengajuan Kredit Belanja Simpel dan Serba Online

Keuntungan pertama adalah seluruh prosesnya dilakukan dengan mudah serta serba online. Anda hanya perlu berbelanja di sebuah e-commerce atau toko online dan memilih cicilan tanpa kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Tentunya, Anda perlu mencari e-commerce yang telah menggandeng pihak ketiga yang menawarkan layanan kredit online secara instan tanpa kartu kredit.

Umumnya, pengajuan ini bisa dilakukan dengan melampirkan foto dokumen pribadi tertentu dan mengunggahnya melalui smartphone. Selain itu, dalam kurun waktu tak lebih dari 24 jam berikutnya, pengajuan cicilan tanpa kartu kredit biasanya akan mendapat persetujuan. Anda pun akan diberi limit kredit yang bisa dengan bebas digunakan untuk belanja online.

Tak Memberlakukan Sistem DP ataupun Biaya Admin

Kelebihan cicilan tanpa kartu kredit yang lainnya adalah nasabah tak diharuskan untuk membayar uang muka, biaya admin, ataupun biaya tahunan. Masih banyak yang tak menyadarinya, namun keberadaan beban biaya tersebut seringkali membengkakkan tagihan sebuah kredit atau cicilan. Dalam kata lain, menggunakan cicilan tanpa kartu kredit ini tak akan membengkakkan tagihan belanja Anda kecuali dari tingkat bunga yang tentunya wajib Anda pertimbangkan jumlahnya terlebih dulu.

Lebih Mudah Dapatkan Barang Incaran

Ada kalanya Anda ingin membeli sebuah barang tapi terkendala dana yang belum terkumpul. Kalau barang tersebut bisa dibeli kapan saja sih tidak masalah. Namun, beda lagi jika barang incaran bersifat limited dan hanya bisa dibeli dalam kurun waktu yang singkat.

Daripada menunda pembelian dan kehilangan kesempatan memiliki barang incaran, Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini. Jadi, Anda pun tak perlu lagi harus menunggu isi tabungan mencukupi untuk membeli barang yang diinginkan. Meski begitu, tetap perhatikan jumlah tagihannya agar tetap terkontrol dan aman bagi finansial. 

Dana Lancar Dapat Digunakan untuk Penuhi Kebutuhan Lain yang Lebih Penting

Kebanyakan orang pasti memiliki beberapa kebutuhan pokok yang lebih cocok dipenuhi dengan uang tunai atau tabungan. Sebagai contoh, membayar biaya pembelian obat atau uang sekolah. Nah, daripada menghabiskan aset lancar dan berisiko tak mampu penuhi kebutuhan dengan urgensi tinggi tersebut, bukankah jauh lebih baik jika menggunakan kredit online saat berbelanja?

Di sisi lain, hal ini juga mampu membantu Anda dalam menjaga keuangan agar lebih teratur dan kondusif. Yang terpenting, atur batas pemakaian maksimal setiap bulan agar cicilannya tak terlalu berat membebani keuangan Anda. 

Tenor Pelunasan Variatif Menyesuaikan Kondisi Keuangan

Sama halnya dengan pinjaman lainnya, Anda juga bisa memilih sendiri tenor pelunasan cicilan tanpa kartu kredit sesuai dengan kemampuan keuangan. Semakin panjang tenor yang dipilih, nominal tagihannya tentu akan menjadi lebih ringan. Namun, tingkat bunga yang dibebankan biasanya akan meningkat.

Sedangkan jika memilih tenor yang paling singkat, beban kredit tersebut akan lebih cepat terlunasi, namun beban keuangan menjadi lebih berat. Oleh karena itu, tetap tentukan tenor pelunasan kredit online yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan usahakan jumlahnya tak lebih dari 30 persen pendapatan setiap bulan.

Menjadikan Hidup Lebih Produktif

Untuk bisa menjadi produktif, tak sedikit orang yang membutuhkan bantuan gadget yang dibanderol dengan harga lumayan mahal. Seperti, laptop, smartphone, dan kamera. Tanpa adanya gawai tersebut, bukan tidak mungkin aktivitas pekerjaan tidak bisa berjalan dengan normal, atau bahkan terhenti sepenuhnya. 

Saat perangkat yang digunakan untuk bekerja tiba-tiba rusak dan tabungan belum cukup untuk membeli yang baru, maka di sinilah Anda boleh memanfaatkan kebolehan cicilan tanpa kartu kredit. Jadi, Anda tidak sampai kehilangan pemasukan. Barulah saat aktivitas bekerja kembali lancar, Anda dapat mengalokasikan sebagian pemasukan untuk melunasi cicilan pembelian gadget tersebut setiap bulan. 

Tetap Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit dengan Bijak dan Sesuai Kebutuhan

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan saat berbelanja menggunakan layanan kredit online atau cicilan tanpa kartu kredit. Tetap pahami jika manfaat produk keuangan digital tersebut hanya bisa Anda dapatkan saat menggunakannya dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Jadi, jika digunakan dengan sembarangan, tanpa perhitungan, dan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, tagihan hanya akan menjadi cacing yang menggerogoti keuangan Anda.

Reporter :
Editor : Irawan HP