Netral English Netral Mandarin
00:56wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Nikmatnya Makan dengan Sup Terenak Se-Asia Berkuah Hitam, Favorit Anies Baswedan

Kamis, 25-Maret-2021 13:00

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Santap Rawon
Foto : Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Santap Rawon
42

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Jam makan memang jadi waktu yang menyenangkan, karena saatnya mengisi perut sekaligus menggoyang lidah. Tetapi ada sedikit hal yang terkadang tidak mengenakan, yakni menentukan pilihan makanan bersama keluarga maupun rekan kerja. 

Terkadang makan yang itu-itu saja bosan, pesan makanan cepat saji terlalu sering tidak menyehatkan, pesan diaplikasi pesan antar malah jadi korban promo berbagai produk kuliner. Tapi kali ini tidak usah bingung, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada rawon. 

Tahukah Anda rawon telah dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia versi TasteAtlas 2020. Sangking enaknya, rawon bahkan menjadi salah satu menu favorit Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

“Tidak heran rawon jadi sup terenak se-Asia versi TasteAtltas 2020,” ujar Gubernur Anies saat membagikan momentum menyantap rawon di media sosial Instagramnya, Kamis (25/3/2021). 

Uniknya, rawon adalah sup daging dengan kuah hitam yang berasal dari bahan bernama kluwek. Makanan ini merupakan masakan has dari Jawa Timur dan dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur atau daerah Surakarta. 

Rawon pada umumnya terdiri dari potongan daging sapi bagian sandung lamur, dipotong dadu kecil. Anda juga tidak perlu heran, apabila ada rumah makan yang menyediakan rawon dengan sepotong daging berukuran besar, hingga ada yang menyajikan bagian dengkul atau lutut sapi alias rawon dengkul. 

Daging lantas akan “berkolaborasi cantik” dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek dan berbagai macam rempah dan bumbu lainnya. Aromanya wangi dan menggugah selera, gurih dan sedikit berlemak. 

Biasanya rawon disajikan bersama dengan nasi putih hangat, dilengkapi dengan taburan tauge berekor pendek dan irisan daun bawang. Selain itu Anda juga bisa menambahkan telur asin, kerupuk udang, hingga empal goreng. 

Untuk menambah sensasi rasa pedas, jangan lupa Anda tambahkan sedikit sambal. Biasanya sambal yang disajikan adalah cabai rawit oranye yang dihaluskan. Awas kepedasan!

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani