Netral English Netral Mandarin
04:04wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
#NoBraDay, Kampanye Ajak Wanita Tak Pakai Bra Selama 24 Jam di 13 Oktober

Rabu, 13-Oktober-2021 12:40

Hari tanpa mengenakan bra.
Foto : No bradsy
Hari tanpa mengenakan bra.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Peringatan ini bahkan tengah menjadi trending topic di Twitter, karena menarik perhatian banyak orang. 

Sejarah Singkat Hari Tanpa Bra

Peringatan Hari Tanpa Bra konon dimulai pada tahun 2011 lalu. Gerakan ini dipopulerkan oleh Seorang Ahli Beda Plastik Bernama Dr Mitchell Brown. 

Menurut Daily Star, Dr Mitchell membuat kamoanye bra bertajuk Breast Reconstruction Awareness Day. Kampanye itu dimulai di Toronto, Kanada dengan tujuan mendidik pasien tentang perlunya operasi dan rekonstruksi payudara.

Menurut Womens Health Mag, kampanye Dr Mitchell mendorong wanita untuk tidak mengenakan bra. Selanjutnya mereka membagikan foto dengan tagar nobraday.

Tujuan Hari Tanpa Bra

Menurut Awarenessdays, Rabu (13/10/2021), tujuan Hari Tanpa Bra untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya skrining kanker payudara, mengenali gejala kanker payudara dan pemeriksaan diri secara teratur dalam memerangi kanker payudara. 

Tentu kampanye ini kontroversial bagi beberapa kalangan. Tak heran apabila Hari Tanpa Bra menjadi peringatan yang cukup disoroti.

Menggunakan tagar #NoBraDay di media sosial, kampanye ini mengajak wanita untuk tidak memakai bra selama 24 jam pada tanggal 13 Oktober.

Awarenessdays mengingatkan masyarakat untuk meninggalkan bra di rumah atau mengambil bagian di media sosial untuk membantu meningkatkan kesadaran akan kanker payudara. 

Payudara dikenal sebagai organ tubuh yang sensitif dan salah satu cara mengekspresikannya adalah dengan mendukung kebebasan payudara tanpa bra. Wanita juga makhluk yang luar biasa, begitu juga payudara mereka sehingga Hari Tanpa Bra mengajak wanita tidak menggunakan penyangga buah dada itu.

Dikutip Awarenessdays, keceriaan para wanita itu seharusnya tidak disembunyikan. Melalui peringatan Hari Tanpa Bra juga sebagai saat bagi dunia melihat anugerah yang wanita miliki.

Tetapi rupanya kampanye ini tidak hanya berlaku bagi wanita saja. Para pria juga bisa turut ambil bagian pada Peringatan Hari Tanpa Bra. 

Para pria bisa menggunakan atribut ungu, misal pada dasi, boxer, kaus kaki, kancing baju atau kaos ungu. Tindakan itu dinilai sebagai salah satu bentuk dukungan pada para wanita untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara. 

Tagar #NoBraDay bahkan tengah menjadi trending topic di Twitter. Banyak masyarakat Indonesia yang memberikan tanggapan pada peringatan yang memiliki aksi kontroversial itu.

"Happy #NoBraDay gengs, memperingati kanker ini tuh," cuit h*ndi**. 

"Kenapa #NoBraDay ga setiap hari aja , alias, kenapa harus ada bra menyesakan," kata @s*vrd**. 

"Hari ini adalah #NoBraDay tapi inti dari kampanye ini adalah untuk memperingati perempuan yang terkena kanker payudara dan dampaknya bagi kehidupan mereka. Please respect 

#NoBraDay 

#BreastCancerAwarenessMonth 

#BreastCancerAwareness," cuit @h*al_da_w0***.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani