Netral English Netral Mandarin
00:28wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Nonton PON Sambil Melihat Surga Wisata ke Papua

Rabu, 01-September-2021 05:00

Keindahan Raja Ampat yang mendunia.
Foto : Celebes
Keindahan Raja Ampat yang mendunia.
20

JAKARTA,NETRALNEWS.COM - Penyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional bakal berlangsung di Jayapura, Papua, 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.

Terdapat empat kota yang akan menjadi tempat penyelenggaraan selain Kota Jayapura, ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang menjadi lokasi-lokasi pertandingan cabang olahraga PON XX Papua 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa saat ini telah diputuskan oleh Presiden Jokowi bahwa yang diperkenankan untuk menonton PON adalah masyarakat yang telah tervaksinasi. PON juga akan digelar dengan penonton terbatas.

Ia berharap PON akan memberikan dampak pada pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif di Papua.

"Jadi PON di Papua ini kita sambut dan kita harapkan memberi dampak pada pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif dan juga kita gunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi budaya alam hingga ekonomi kreatif yang sangat kaya raya, yang dimiliki oleh Papua,” tutur Sandiaga, Selasa, (31/8/2021).

Saat menyaksikan para atlet bertanding dan berlomba, Anda juga bisa menyisihkan waktu menikmati obyek wisata di papua. Sebut saja  ada Raja Ampat yang mendunia, Danau Sentai, Lembah Baliem, Taman Nasioal Teluk Cendrawasih, Danau Paniai, Pantai Bosnik dan tak ketinggalan Desa Wisata Sauwandarek.

Sandiaga juga mengapresiasi bahwa merchandise yang digunakan dalam ajang PON adalah produk ekonomi kreatif kriya yang berasal dari Papua, yakni noken. Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.

"Merchandise ini wujud kolaborasi dengan mama-mama Papua. Jumlahnya adalah 25 ribu noken. Noken ini merupakan ikon kearifan lokal papua produk ekonomi kreatif untuk menjadi sarana wadah membawa barang. Noken sendiri ini juga sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda," ujar Sandiaga.

Sementra itu, Epidemiolog Dicky Budiman. Ia menjelaskan jika ditanya pandemi ini kapan berakhir, tidak akan ada yang bisa menjawab pandemi ini bisa diselesaikan sampai kapan. Namun biasanya pandemi akan berakhir 4-6 tahun.

"Namun yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk menyikapi pandemi tersebut, jangan sampai kita tidak melakukan apapun dan kita harus memastikan  protokol kesehatan dengan disiplin," ujar Dicky. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati