• News

  • Olahraga

Bungkam Chelsea, Man City Kembali Gusur MU

Selebrasi gol Kevin De Bruyne (twitter)
Selebrasi gol Kevin De Bruyne (twitter)

LONDON, NETRALNEWS.COMManchester City membuktikan diri pantas menjadi kandidat juara Liga Premier musim ini. Tampil dominan, City berhasil memecundangi Chelsea 1-0 (0-0) dalam big-match pekan ketujuh yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (30/9/2017) sore waktu setempat.

Dengan kemenangan untuk keenam kalinya ini, City kembali memuncaki klasemen sementara menggusur rival sekota Manchester United. Kedua klub sama-sama mendulang 19 poin, namun City unggul selisih satu gol ketimbang MU.

Sebaliknya, inilah kekalahan kedua kali yang dialami The Blues di awal musim ini. Posisi Chelsea pun tertahan di peringkat keempat dengan jumlah 13 poin, tertinggal satu angka dari Tottenham Hotspur yang bertengger di posisi tiga besar.

Setelah sempat dikejutkan dengan peluang Alvaro Morata lewat sundulannya yang melebar dari gawang Ederson saat babak pertama baru berjalan kurang dari 3 menit, City hampir mutlak mendominasi jalannya pertandingan. 

Sejak itu, pasukan Pep Guardiola mendikte ritme permainan. Pola pressing ketat tim tamu benar-benar menyulitkan anak-anak Chelsea. Dalam 20 menit pertama City telah meraih 70 persen penguasaan bola.

Di menit ke-27, peluang emas City lewat serangan balik cepat yang digagas Raheem Sterling terbuang. Umpan silang Sterling terlalu deras untuk disambar Gabriel Jesus dan David Silva yang telah berdiri bebas di depan gawang Thibaut Courtois. Dua menit berselang, kiper Courtois melakukan aksi pertama dengan memblok sepakan Silva.

Di menit ke-35, nasib buruk mulai menghampiri Chelsea seiring dengan cederanya Morata yang kemudian digantikan Willian. Peluang terbaik City di babak pertama terjadi di menit terakhir ketika kiper Courtois menepis sundulan Fernandinho.

Di babak kedua, City kian superior mendominasi jalannya pertandingan. Hanya satu kali Chelsea mendapat peluang di menit ke-61 lewat sepakan Eden Hazard yang dapat ditinju kiper Ederson. Lima menit berlalu, peluang emas City lewat Silva dengan luar biasa dapat digagalkan Cesar Azpilicueta.

Di saat Conte hendak melakukan perubahan formasi pemain, di menit ke-67, usaha City membuahkan hasil melalui gol spektakuler Kevin De Bruyne. Bekerja sama satu-dua dengan Jesus, dari jarak 20 meter, sepakan kaki kiri De Bruyne menghujam keras sudut kiri gawang Courtois. Skor 0-1 untuk City.

Conte memasukkan Pedro Rodriguez dan Michy Batshuayi dan menarik keluar Hazard dan Bakayoko. Permainan Chelsea mulai kelihatan. Namun, City mampu mengantisipasi pola serangan Chelsea lewat lebar lapangan.

Di menit ke-84, City nyaris unggul 2-0 ketika lewat serangan balik, umpan silang Sterling terarah pada Jesus yang berdiri bebas di kotak penalti. Sepakan Jesus tak mampu dijangkau kiper Courtois. N Namun, di depan garis gawang Antonio Rudiger mampu menyelamatkan gawang Chelsea dengan memblok sepakan Jesus dengan kepalanya. 

Di menit-menit akhir, Chelsea berupaya keras mengejar ketinggalan. Sayang, peluang terakhir gagal dimaksimalkan bek Andreas Christensen menyusul sundulannya yang melambung jauh dari gawang.

Susunan Pemain:

Chelsea (3-1-4-1-1):
Courtois; Rudiger, Christensen, Cahill; Bakayoko (Batshuayi); Azpilicueta, Kante, Fabregas, Alonso; Hazard (Pedro); Morata (Willian). 

Man City (4-3-3):
Ederson; Walker, Stones, Otamendi (KK), Delph; De Bruyne (Danilo), Fernandinho (KK), Silva (Bernardo); Sane (Gundogan), Gabriel Jesus, Sterling. 

Wasit: Martin Atkinson.

Editor : ME Gunawan