Netral English Netral Mandarin
07:20wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Omah Budoyo Jogja, Destinasi Wisata Bertakjub Cinta Budaya

Minggu, 10-Oktober-2021 04:00

Omah Budoyo Jogja, Destinasi Wisata Bertakjub Cinta Budaya
Foto : Kemenparekraf
Omah Budoyo Jogja, Destinasi Wisata Bertakjub Cinta Budaya
5

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM – Dibuka kembali destinasi wisata budaya di Indonesia. Lokasinya di Jalan Karangkajen Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jaraknya jika Anda berangkat dari Keraton Yogyakarta,  hanya butuh waktu berkendara sekitar 10 menit. 

Destinasi wisata ini bernama Omah Budoyo.

Pembukaan galeri ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatf, Sandiaga Uno. Sandiaga Uno mengatakan Omah Budoyo akan menopang dua pilar bagi masyarakat, yaitu usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan kewirausahaan. 

“Kita akan melihat bagaimana kehadiran Omah Budoyo Jogha berdampak pada kebangkitan serta pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiga Uno, dalam siaran persnya, Sabtu, (9/10/2021). 

Omah Budoyo Yogya menawarkan beragam aktivitas dan aneka produk ekonomi kreatif, diantaranya dari sektor kriya, fesyen, dan kuliner. 

Pengunjung bisa membeli berbagai produk ekonomi kreatif yang ditawarkan mulai dari perhiasaan hingga furnitur. Tentunya karya-karya tersebut adalah hasil dari perajin lokal. 

Jika Anda ke sini, akan melihat  empat area di dalam Omah Budoyo, yaitu, yang pertama adalah galeri ekshibisi, yang dimana pada tempat tersebut para seniman memamerkan hasil karyanya. 

Kedua adalah restoran, disana wisatawan disuguhkan berbagai macam makanan khas Jawa. Ketiga adalah area pendopo yang dimana menjadi area edukasi, antara lain kelas membatik, meditasi, yoga, gamelan, macapat, dan keramik.Kurator sekaligus pemilik Omah Budoyo, Warwick Purser, berharap galeri seni ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap para seniman lokal dan masyarakat. Ia juga ingin menanamkan rasa kecintaan masyarakat Indnesia pada tradisi dan produk lokal agar bisa bersaing dengan produk luar.

Berdasarkan akun Instagramnya, Omah Budoyo Jogja dibuka pada Selasa - Minggu, pukul 10.00 - 18.00 WIB. Tentu saja dengan menggunakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh.

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani