Netral English Netral Mandarin
14:02wib
Publik dihebohkan dengan ucapan selamat hari raya dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada umat Baha'i. Video itu jadi sorotan karena Baha'i bukan salah satu dari enam agama yang diakui negara. Menaker Ida Fauziyah menyatakan karyawan dengan gaji di atas Rp 3,5 juta tetap bisa mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta.
Ondel-ondel Raksasa Dipamerkan di TIM Saat HUT DKI

Minggu, 20-Juni-2021 15:00

Ondel-ondel
Foto : Antara
Ondel-ondel
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 10 ondel-ondel raksasa setinggi 4,94 meter bakal dipamerkan di Taman Ismail Marzuki (TIM) saat peringatan HUT ke-494 DKI Jakarta pada 22 Juni 2021.

"Pameran berlangsung mulai 22-30 Juni 2021," kata Manajer Komunikasi Revitalisasi TIM Yeni Fatmawati di Jakarta, Minggu (20/6/2021).

Adapun ondel-ondel yang dipamerkan, yakni masing-masing lima ondel-ondel karakter pria dan lima ondel-ondel karakter wanita. Ondel-ondel dipamerkan di depan plaza gedung parkir pusat kesenian.

Pameran ondel-ondel tersebut terwujud atas inisiatif Majelis Seniman Masjid Amir Hamzah TIM berkolaborasi dengan Yayasan Jakarta Sigap Senusa (JSS) yang didukung BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Tujuan pameran ini pertama untuk merayakan HUT Jakarta dengan salah satu ikonnya ondel-ondel dan sekaligus memberdayakan seniman terdampak COVID-19," ujar Yeni.

JSS merupakan agregator untuk program Kolaborasi Sosial Berskala Besar/KSBB UMKM berperan dalam pendampingan untuk membangkitkan ekonomi kecil para seniman sesuai tema HUT DKI tahun ini "Jakarta Bangkit".

Menjelang pameran di TIM, seniman sekaligus perajin ondel-ondel, Suprayogi sedang menuntaskan pembuatan ikon dan budaya khas Betawi itu.

Saat ini, pengerjaan ondel-ondel tersebut dalam tahap pembuatan rangka dari bambu, desain wajah dan pakaian serta pernak-pernik hiasan pelengkap boneka raksasa itu.

Pembuatan ondel-ondel tersebut melibatkan sekitar 25 orang perajin kecil di Jakarta, yang mengerjakan secara terpisah untuk beberapa bagian ondel-ondel.

"Kami berharap pameran ini membangkitkan kembali marwah ondel-ondel dan juga seniman," katanya ketika ditemui di kediamannya sekaligus gerai produksi ondel-ondel di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Reporter : Antara
Editor : Wahyu Praditya P