• News

  • Opini

Dicanangkan Jokowi, Keliling Danau Toba dengan Bus DAMRI Makin Hidup

Bus DAMRI siap melayani wisata keliling Danau Toba
Netralnews/Istimewa
Bus DAMRI siap melayani wisata keliling Danau Toba

TAPANULI UTARA, NETRALNEWS.COM - Hari Rabu, 6 November 2019 siang, saya tiba di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Begitu keluar dari ruang terminal bandara Silangit, langsung melihat beberapa bus DAMRI terpakir rapi.

Rupanya, saat ini di kawasan pariwisata Danau sudah dilayani oleh Perum DAMRI. Bagi pengunjung atau wisatawan di kawasan Danau Toba sudah tidak perlu repot dan tidak perlu bayar mahal dalam melakukan perjalanan wisatanya.

Danau Toba adalah satu dari 3 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo Pulau Komodo dan Mandalika Lombok.

Secara khusus sekarang ini Perum  DAMRI sudah membangun 8 trayek layanan perjalanan dari bandara Silangit. Rute-rutenya: Silangit-Ajibata (tarif Rp 65.000), Silangit-Tarutung (tarif Rp 40.000), Silangit-Dolok Sanggul (tarif Rp 40.000), Ajibata-Pematang Siantar (tarif Rp 38.000), Teluk Nibung-Ajibata (Rp 72.000), Pelayanan Shuttle Balige (tarif Rp 20.000), Pelayanan Shuttle Parapat (tarif Rp 16.000) dan Pelayanan Shuttle Tapanuli Utara (tarif Rp 39.000).

Melalui layanan dalam 8 rute bus DAMRI kita sudah bisa keliling kawasan wisata Danau dengan mudah, akses serta murah juga ada kepastian perjalanan.

Adanya layanan perjalanan bus DAMRI ini juga membuat pengembangan kawasan wisata Danau Toba menjadi lebih hidup.

Layanan bus DAMRI ini juga merupakan salah satu pendukung penting pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi

Selanjutnya, ya layanan bus DAMRI di kawasan Wisata Danau Toba ini juga turut serta mendorong pertumbuhan perekonomian lokal di kawasan Danau Toba.

Ayo, kunjungi kawasan wisata Danau Toba sekarang juga.

Tunggu apa lagi, semua kebutuhan transportasi kita sudah mulai difasilitasi oleh bus Perum DAMRI. Berkeliling kawasan Danau Toba saat ini jadi lebih mudah dan lebih akses berkat layanan bus DAMRI.


Penulis: Azas Tigor Nainggolan
Analis Kebijakan Transportasi.

Editor : Taat Ujianto