• News

  • Otomotif

Harap Sabar, Daihatsu Taft Reborn dan Rocky Belum Masuk Indonesia

Daihatsu Taft reborn.
Istimewa
Daihatsu Taft reborn.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menyusul dirilisnya mobil Kei Car Daihatsu-- Taft Reborn dan SUV Rocky di Jepang, membuat pecinta otomotif bertanya-tanya kapan kedua model legendaris ini dapat segera dijajal di Indonesia.

Menurut Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, melalui diskusi virtual, Jumat (11/9/2020), segmen Kei Car sendiri masih dinilai belum cocok untuk pasar Indonesia.

"Kei car sendiri memang khasnya Jepang dan belum cocok untuk Indonesia. Tapi, untuk Rocky dan Taft, kita tunggu tanggal mainnya saja," kata Anjar.

Sebagai tambahan informasi, Kei Car atau keijidosha (terjemahan: light automobile) adalah salah satu kategori kendaraan kecil di Jepang dengan mesin di bawah 660 CC.

Mobil ini dirancang sebagai jawaban terhadap peraturan pajak dan asuransi pemerintah Jepang yang mengukur tingkat emisi dari kendaraan tersebut.

Lebih lanjut, Anjar mengatakan, kehadiran Daihatsu Rocky, Taft Reborn, dan Tanto merupakan beberapa mobil yang berhasil dikembangkan melalui konsep pengembangan produk Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Pengembangan produk yang termasuk di dalamnya adalah Kei Car, segmen A (contoh: Sigra, Calya), dan segmen B (contoh: Terios, Rush). DNGA, menurut Anjar, dapat mempercepat proses pengembangan produk-produk Daihatsu.

DNGA di Jepang sendiri dikenalkan di tahun 2017. Tak lama, Daihatsu sudah memunculkan Tanto pada Juli 2019. Daihatsu Tanto memiliki performa optimal, solid, dan stabil.

"New Tanto ini sudah pakai DNGA. Kabinnya luas dan nyaman. Mesin 660cc turbocharged dan transmisi D-CVT responsif, dilengkapi dengan Daihatsu Smart Assist untuk safety-nya," kata Anjar.

Selang beberapa bulan, tepatnya pada November 2019, Rocky lalu dirilis. Rocky ditenagai mesin 1.000cc turbocharged, dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) Squential.

Mobil ini juga dilengkapi dengan power mode dan Smart Assist serta konektivitas yang lengkap.

Tak lama, Taft Reborn kemudian dirilis di Jepang pada Juni 2020. Eksterior Taft Reborn yang merupakan akronim dari "Tough and Almighty Fun Toll", memiliki desain serba kotak yang esentrik.

Karena tergolong di jenis Kei Car, mesinnya berkapasitas 660 cc 3-silinder yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Daihatsu Taft Reborn di Jepang dipasarkan dalam tiga tipe, masing-masing tersedia atas dua pilihan penggerak roda, yaitu 2WD dan 4WD.

 

Editor : Widita Fembrian