Netral English Netral Mandarin
07:36 wib
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya tertular Covid-19 saat makan karena harus melepas masker. Ia pun mengimbau masyarakat menghindari makan-makan bersama orang lain. akan menggunakan GeNose, alat deteksi virus corona atau Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM), di sejumlah stasiun kereta api di Indonesia mulai 5 Februari 2021.
Dukung Ketahanan Pangan, BUMN Ini Gelar Pelatihan untuk Petani di Karawang

Senin, 21-December-2020 19:40

Panen raya demo farm bantuan PT PII (Persero) di Karawang, Jawa Barat.
Foto : Istimewa
Panen raya demo farm bantuan PT PII (Persero) di Karawang, Jawa Barat.
10

KARAWANG, NETRALNEWS.COM – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (PT PII), selaku salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), turut berpartisipasi untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan Pemerintah, terutama dalam Ketahanan Pangan. 

Salah satu, bentuk partisipasi PT PII ini dijalankan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan petani serta pembuatan Demo Farm di Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang telah terlaksana sejak bulan September 2020. 

Program CSR PT PII ini turut melibatkan pemerintah Kabupaten Karawang, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPADI), Komunitas Peduli Pangan Sehat (KPPS) dan Darma Kencana Organik Indramayu.



Di dalam pelaksanaan kegiatan ini, PT PII bekerja sama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), suatu organisasi non-profit yang aktif bergerak di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi kemasyarakatan. 

Pada 3 Desember 2020, PT PII telah memberikan pelatihan kepada 30 petani yang melibatkan kelompok tani di tiga desa di Kecamatan Klari yakni Desa Curug, Desa Karanganyar, dan Desa Cimahi selama 3 bulan.

Selain kegiatan pelatihan dan pendampingan petani, pada program CSR PT PII ini juga dibuat lahan demo farm seluas 2 hektar dengan memberikan intervensi pupuk organik serta menggunakan jenis padi Inapari 32 dan Nurtrizinc.

Output yang didapat dalam program pelatihan petani dan pembuatan demo farm ini diantaranya adanya perubahan sikap dari beberapa peserta pelatihan yang sudah mulai merubah cara menanam di lahan mereka dengan memberikan intervensi pupuk organic seperti yang telah diajarkan saat pelatihan dan pendampingan.

Selain itu juga output pada demo farm didapat bahwa setelah dilakukan ubinan padi (cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi melalui titik sampel dengan cara diukur) pada tanggal 2 Desember 2020 didapat hasil panen padi dengan jenis Inapari 32 dan Nurtrizinc meningkat 20%.

Diharapkan dengan adanya program ini akan menambah wawasan petani Indonesia agar dapat memproduksi beras yang lebih sehat bagi masyarakat Indonesia serta mengembalikan kondisi tanah menjadi lebih subur, sehingga jumlah panen meningkat dan kualitas padi lebih baik. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP