Netral English Netral Mandarin
10:46wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Pakai Masker Ganda Efektif untuk Hindari Corona Varian Delta, Ini Penjelasan dr Reisa

Sabtu, 28-Agustus-2021 21:20

dr Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19.
Foto : covid19.go.id
dr Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan pentingnya mematuhi anjuran penggunaan masker dua lapis di tengah pandemi seperti saat ini.

Ia menerangkan, anjuran penggunaan masker ganda itu dirilis dalam rangka untuk mengantisipasi penularan virus varian delta COVID-19 yang terbukti lebih ganas.

"Ini dianjurkan karena penularan virus varian paling baru yaitu varian delta ini tiga kali lebih menular dibandingkan dengan yang varian awal dulu dari Wuhan, China," kata Reisa dalam acara bincang-bincang yang digelar virtual, Jumat malam kemarin.

Menurutnya, penggunaan masker medis saja tidak cukup memberikan proteksi, karena masih ada celah terbuka di kedua sisi yang berpotensi dimasuki virus. Sementara masker kain tidak memiliki filtrasi yang baik.

Oleh karena itu, dia menilai anjuran penggunaan dobel masker menjadi penting untuk ditaati.

"Jadi tetap sebaiknya di dobel pakai masker medis lalu ditutup pakai masker kain yang menyerupai bentuk wajah, jadi rapat," jelasnya, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (28/8/2021).

Reisa menambahkan, penggunaan masker tidak akan berpengaruh terhadap kadar oksigen yang dihirup maupun karbondioksida yang dikeluarkan tubuh.

"Itu tidak akan mempengaruhi jumlah oksigen yang kita tarik dan karbondioksida yang keluar dari masker ini, kecuali kita pakai plastik yang tidak ada pori-pori udara keluar. Jadi selama filtrasinya baik itu tidak akan mengganggu," imbuhnya.

 

 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP