Netral English Netral Mandarin
17:09wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Pakaian atau Karpet Terkena Noda Cabai, Bersihkan dengan Cara Ini

Selasa, 11-Mei-2021 23:00

Membersihkan baju yang terkena noda.
Foto : thespruce.com
Membersihkan baju yang terkena noda.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Noda yang ditinggalkan oleh cabai yang telah diolah dikenal sangat sulit dihilangkan, apalagi jika terkena pada permukaan kain atau karpet. Noda tersebut harus segera dibersihkan jika tidak ingin meninggalkan bekas. 

Tapi jangan khawatir, ada tips untuk menghilangkan noda membandel seperti olahan cabai seperti dilansir dari Hunker pada Selasa (11/5/2021). 

Pertama dengan mengoleskan deterjen cair pada pakaian yang bernoda cabai, kemudian tunggu setidaknya satu menit. Setelah satu menit, segera cuci pakaian dengan memasukkannya ke mesin cuci. Keluarkan pakaian dari mesin cuci dan periksa apakah noda sudah hilang. Cuci kembali pakaian dengan pemutih oksigen jika noda masih ada. 

Anda bisa juga membersihkan noda cabai pada karpet dengan tisu dapur sampai tidak ada noda berlebih yang dapat berpindah ke tisu dapur. Setelah itu segera oleskan alkohol gosok ke tisu dapur, dan tepuk-tepuk noda hingga Anda tidak bisa memindahkan warna dari noda. 

Jika alkohol tidak bisa membersihkan noda, oleskan campuran deterjen dan larutan air dengan komposisi seperempat cangkir deterjen dan satu liter air hangat. 

Tepuk campuran ke noda dengan handuk kertas hingga noda tertransfer ke handuk kertas tersebut. Kemudian, bersihkan air sabun yang tersisa dengan menggunakan botol semprot berisi air. Basahi sedikit noda dengan air dan biarkan noda mengering. Oleskan hidrogen peroksida 3 persen pada noda, diamkan selama 60 menit, dan bersihkan sisanya.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP