Netral English Netral Mandarin
16:23wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
PAM Jaya Targetkan Air Bersih Jangkau Seluruh Warga Jakarta di Tahun 2030

Kamis, 02-September-2021 10:00

Dirut PAM Jaya, Bambang Hernowo dalam diskusi virtual
Foto : Istimewa
Dirut PAM Jaya, Bambang Hernowo dalam diskusi virtual
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Utama PAM Jaya Bambang Hernowo menargetkan seluruh wilayah di DKI Jakarta tersalurkan air bersih pada 2030. Diketahui, sebanyak 64 persen masyarakat Jakarta telah tersalurkan air minum pada 2020.

"Sementara jumlah pelanggan adalah 907.000 pelanggan, air yang mengalir ke Jakarta kurang lebih 20.725 liter per detik. Kita masih kekurangan 13.000 liter per detik," kata Bambang dalam Diskusi Virtual Balkoters Talk bertajuk ‘Pelayanan Merata Air Minum Jakarta' pada Rabu (1/9/2021).

Untuk mengejar target tersebut, kata dia, pihaknya akan menambah pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) melalui jaringan perpipaan di sejumlah wilayah. Seperti di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

"Barat dan Utara DKI tidak ada sumber alternatif air yang bisa dipakai sampai dengan saat ini,” katanya.

Selain itu, membangun sea water reverse osmis (SWRO) atau sistem pengubahan air laut menjadi air tawar. Sistem tersebut diterapkan di Kepulauan Seribu.

Sistem yang telah dibangun sejak 2019 itu berhasil memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di sembilan pulau dari 11 pulau yang berpenghuni. Artinya, SWRO telah mencangkup 77 persen masyarakat di Kepulauan Seribu.

"Itu semua adalah dalam rangka untuk memastikan 100 persen warga DKI Jakarta itu mendapatkan layanan air minum," ungkapnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani