Netral English Netral Mandarin
09:45wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Pantang Makan Nasi, Tujuh Makanan Ini Tak Kalah Lezat Dijadikan Pengganti

Kamis, 03-Juni-2021 02:00

 Nasi shirataki pengganti nasi putih.
Foto : Beatunesia.
Nasi shirataki pengganti nasi putih.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Beras atau nasi menjadi makanan pokok kebanyakan masyarakat di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, ada yang ternyata mengalami pantangan memakan nasi putih karena sesuatu penyakit atau memang tengah menjalani diet. 

Jika itu yang terjadi, ada beberapa makanan pengganti nasi putih yang bisa dikonsumsi. mengonsumsi pengganti nasi pun dapat menambah variasi pada makanan dan memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 makanan pengganti nasi yang sehat dan nikmat.

1. Kembang kol

Kembang kol yang diiris hingga halus bisa menjadi alternatif pengganti nasi yang rendah karbohidrat sekaligus rendah kalori. Memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang mirip nasi putih, kembang kol menjadi makanan pengganti nasi yang banyak dikonsumsi saat menjalani diet rendah karbohidrat.

2. Brokoli

Selain kembang kol, brokoli yang diiris halus juga bisa menjaddi makanan pengganti nasi bagi yang sedang menjalani diet rendah kalori dan karbohidrat. Kandungan brokoli mirip dengan kembang kol, yakni sekitar 57 gram brokoli yang sudah diiris halus menawarka 15 kalori dan 2 gram serat.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki merupakan makanan pengganti nasi putih yang terkenal dengan kandungan karbohidrat dan kalorinya yang rendah. Pengganti nasi yang terbuat dari akar konjak ini sama sekali tidak mengandung kalori dalam satu porsinya.

4. Barley

Barley merupakan biji-bijian yang mirip dengan gandum, namun memiliki tekstur yang lebih kenyal. Satu porsi barley mengandung kalori yang hampir sama dengan satu porsi nasi putih, namun barley menawarkan lebih banyak protein. Selain itu, barley juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti niasin, seng, dan selenium.

5. Kuskus

Kuskus merupakan jenis pasta yang banyak digunakan pada masakan Mediterania dan Timur Tengah. Kuskus gandum utuh merupakan pilihan yang lebih sehat daripada kuskus biasa karena lebih kaya akan serat dan protein.

Kuskus memiliki butiran yang jauh lebih kecil dari nasi putih ehingga memberikan tekstur unik saat disantap.

6. Farro

Farro merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari biji-bijian untuh yang mirip dengan beras.

Farro mengandung banyak protein dan merupakan sumber makanan nabati yang sangat baik untuk tubuh. Direkomendasikan untuk menggabungkan farro dengan kacang-kacangan agar mendapatkan sembilan asam amino esensial yang terkandung di dalamnya.

7. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian pengganti nasi yang cukup populer. Ia tidak mengandung gluten dan memiliki lebih banyak protein dibandingkan nasi. Faktanya, satu porsi quinoa matang menyediakan 4 gram protein, yakni dua kali lipat jumlah protein dalam porsi nasi putih yang sama.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani