Netral English Netral Mandarin
18:32wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Parwa Institute Sebut Gerindra Berpeluang Usung Sandiaga Uno Pilpres 2024, Ini Alasannya

Minggu, 26-September-2021 16:10

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
Foto : Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Direktur Eksekutif Party Watch (Parwa) Institute Muh Jusrianto mengatakan Partai Gerindra berpeluang mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 karena memiliki elektabilitas yang tinggi. 

"Elektabilitas Sandiaga Uno selalu masuk lima teratas di beberapa hasil survei selama Mei hingga Agustus 2021. Elektabilitas Sandiaga semakin melejit usai menduduki jabatan menteri," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (26/9/2021). 

Pada 15 Agustus 2021 Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei dan menempatkan Sandiaga di urutan ketiga dengan nilai 13,5 persen. Kemudian pada 14 Juni 2021, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas Calon Wakil Presiden 2019 yang berpasangan dengan Prabowo Subianto tersebut berada di urutan keempat dengan perolehan 6,9 persen. 

Tidak hanya itu, hasil survei Indikator pada 5 Mei 2021 menunjukkan Sandiaga di urutan kelima dengan perolehan elektabilitas nilai 11,1 persen, ujar Jusrianto. 

Tidak hanya soal elektabilitas, kinerja Sandiaga Uno sebagai menteri juga tergolong memuaskan. Hal itu dibuktikan dengan hasil tiga lembaga survei yang selalu menempatkan Sandiaga masuk tiga besar. 

"Bahkan, Puspoll Indonesia pada 20 hingga 29 April 2021 menunjukkan bahwa Sandiaga menempati urutan teratas kinerja terbaik dengan 11,3 persen merespons sangat baik, 68,5 persen menilai cukup baik," kata Jusrianto. 

Ia menilai sosok Sandiaga Uno dalam kancah perpolitikan nasional sulit diprediksi. Selain itu, karir politik eks Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga penuh kejutan. 

"Kita lihat saja pada Pilkada DKI Jakarta 2017, ketika pertama kali Sandiaga maju dalam kontestasi dia bisa mendongkrak suara dan memenangkan pertarungan bersama Anies Baswedan," ujarnya. 

Tidak sampai di situ, kejutan karir politik Sandiaga juga dilanjutkan pada Pilpres 2019 yang saat itu berpasangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meskipun pada akhirnya harus mengakui keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang keluar sebagai presiden terpilih. 

"Kemudian, hari ini Gerindra juga memercayakan Sandiaga menduduki kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar dia. 

Menurut Jusrianto, Sandiaga Uno memiliki sederet modal yang berharga sebagai seorang politisi. Mulai dari kapasitas atau modal intelektual, modal sosial, modal ekonomi hingga kemampuan kepemimpinannya. 

"Pilpres 2024 bisa jadi miracle terulang bagi Sandiaga. Misalnya, Gerindra mengusung Sandiaga apakah sebagai Capres atau Cawapres, sedangkan Prabowo jadi king maker," ujarnya.

Reporter : Antara
Editor : Nazaruli