Netral English Netral Mandarin
10:05 wib
Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1). Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021.
Transparan, PD Pasar Jaya Pastikan Komoditi Bansos Sesuai Permintaan Pemprov DKI

Kamis, 24-December-2020 14:00

Perumda Pasar Jaya menepis isu jika jumlah dana yang dianggarkan.
Foto : Bisnis
Perumda Pasar Jaya menepis isu jika jumlah dana yang dianggarkan.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perumda Pasar Jaya menepis isu jika jumlah dana yang dianggarkan untuk Bansos DKI tidak sesuai dengan harga barang yang ada dalam kotak sembako.

"Adanya anggapan bahwa ketidaksesuaian harga barang dalam kotak bansos dinilai tidak tepat," ujar Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Dia memastikan, komoditi barang bansos sesuai dengan kelengkapan item barang sesuai dengan permintaan Pemda DKI melalui Dinas Sosial dan Dinas KPKP.



"Dalam pelaksanaanya Pasar Jaya disini menyediakan komoditi brand nasional yang sudah familiar di masyarakat," ujar Gatra, di Jakarta, Rabu (23/12).

Gatra menyampaikan, item barang yang diterima oleh masyarakat jumlahnya juga sama di setiap kotak paketnya. Pendistribusian barang bansos sendiri hingga barang diturunkan di gudang maka petugas akan cek kondisi seluruh barang yang masuk.

"Kondisi yang baik tidak hanya fisik luarnya saja. Tapi petugas melakukan pengecekan hingga kondisi dalamnya. Seperti halnya produk beras yang petugas melakukan pengecekan acak untuk memastikan jenis berasnya sesuai dengan standar mutu," katanya.

Proses pengepakan juga, lanjutnya, tidak mudah karena membutuhkan kehati-hatian agar tetap baik kondisinya. Terlebih, tegasnya, barang bansos ini adalah barang yang mudah rusak.

"Petugas akan mengecek barang yang akan diangkut ke mobil apakah barangnya kondisinya memang sudah layak. Barulah kemudian barang tersebut bisa diantarkan ke penerima di kantor RW masing-masing," jelasnya

Disamping itu menurut dia, di setiap nilai bansos yang terkirim ada juga biaya distribusi, biaya tenaga kerja dan juga biaya perlengkapan kerja. Sehingga biaya bansos tersebut tidak terpisahkan dalam proses distribusi dari Pasar Jaya ke masing-masing RW.

"Pasar Jaya selalu menerima kritik dan juga saran perbaikan dari masyarakat. Prinsipnya selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat DKI Jakarta," tuturnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani