Netral English Netral Mandarin
18:38 wib
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta akan menerapkan sistem baru agar tak ada lagi surat hasil tes Covid-19 palsu. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan bahwa keterisian tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) pasien Covid-19 di 101 rumah sakit rujukan telah mencapai 85 persen.
8 Kader Murni PDIP Menang di Pilkada Papua dan Papua Barat, Ini Pesan Mama Mega

Selasa, 15-December-2020 18:20

Megawati, Ketuan Umum PDI Perjuangan.
Foto : pdiperjuangan.id
Megawati, Ketuan Umum PDI Perjuangan.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP berhasil menempatkan 8 kader murni sebagai kepala daerah di Papua dan Papua Barat lewat Pilkada Serentak 2020.

"Sejauh ini berdasarkan hasil hitung cepat, di Papua berhasil memenangi 4 pilkada, dan 4 lagi menang di Papua Barat. Dengan catatan semuanya adalah kader murni PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

PDIP, disebut Hasto, terus memantau perhitungan manual pilkada yang digelar di Provinsi Papua dan Papua Barat. Apalagi mengingat kondisi alam membuat proses penghitungan tak mudah dilakukan.



Atas kemenangan itu, Hasto mengungkapkan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang oleh orang Papua akrab disapa Mama Mega, menyampaikan apresiasinya.

"Mama Mega menitip pesan dan menyampaikan terima kasih untuk warga Papua dan Papua Barat yang berada dalam satu semangat kebangsaan yang sama. Kepada kader partai yang dipilih rakyat, Mama Mega titip pesan, jadilah obor penerang yang menuntun rakyat," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan, kemenangan itu diharapkan memberi harapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Ibu Megawati dalam berbagai kesempatan selalu menekankan makna pentingnya Papua dan Papua Barat bagi Indonesia. Jejak sejarah perjuangan Bapak Bangsa Soekarno pun jelas di Papua," ujar Hasto.

"Saat ini, Presiden Joko Widodo pun memberikan perhatian ke Papua. Dengan prinsip pembangunan dari pinggir, Pak Jokowi membangun berbagai infrastruktur yang di 10 tahun sebelumnya tak pernah bisa dilakukan. Kami menugaskan kader kami yang menjadi kepala daerah untuk serius membangun wilayahnya sejalan dengan program Pemerintahan Pak Joko Widodo," ungkap Hasto.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP yang ditugaskan menangani Papua dan Papua Barat, Komaruddin Watubun menjelaskan, di Papua, dari 11 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada, ada empat wilayah yang memenangkan kader PDIP sebagai kepala daerahnya.

Yakni di Asmat dengan Elisa Kambu yang juga Ketua DPC Asmat, berpasangan dengan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanfo yang juga Sekretaris DPC Asmat.

Di Nabire yang terpilih sebagai bupati adalah Mesak Magai, yang merupakan Wakil Ketua DPD Papua. Di Keerom, PDIP berhasil menempatkan kadernya, Wahfir Kosasih, sebagai wakil bupati.

Kemudian di Mamberamo Raya, kader PDIP DR. (HC). Jhon Tabo juga berhasil meyakinkan rakyat Papua.

Untuk Papua Barat, dari sembilan pilkada, kader PDIP berhasil menang di empat wilayah. Yakni di Manokwari dengan menempatkan Hermus Indou. Pergunungan Arfak menempatkan wakil bupati Marinus Mandacan, Sorong Selatan menempatkan Samsudin Anggiluli (Ketua DPC), dan Manokwari Selatan menempatkan Markus Waran (Ketua DPD Papua Barat).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP