Netral English Netral Mandarin
23:43wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
PDIP Sebut Pembiayaan Formula E Berasal dari Sponsor Sebuah Angan-angan

Jumat, 01-Oktober-2021 08:00

Gilbert Simanjuntak
Foto : Istimewa
Gilbert Simanjuntak
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyakini, keinginan Pemprov yang hanya menggunakan uang sponsor untuk perhelatan Formula E tidak akan terealisasi. PDIP menilai bila anggaran APBD akan dipakai untuk menyokong gelaran balap mobil listrik tersebut.

"Biaya 'akan' dibayarkan oleh sponsor bukanlah fakta, tapi angan-angan," ucap anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/9/2021).

Karena kata dia, Pemerintah DKI telah membayarkan commitment fee kepada pihak penyelenggara sebesar Rp 560 miliar dengan menggunakan APBD 2019 yang diketok pada 13 Agustus 2019 di Badan Anggaran (Banggar).

Dalam UU Nomor 17 tahun 2003 Pasal 28 (3) juga disebutkan dasar APBD-P adalah perkembangan yang tidak sesuai, pergeseran anggaran dan penggunaan SILPA tahun sebelumnya.

"Dan karena kondisi darurat. Artinya memasukkan kegiatan Formula E hanya bisa bila dianggap darurat," ungkapnya. 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berjanji tidak akan menggunakan APBD dalam penyelenggaraan mobil balap Formula E. Diskominfotik menyebutkan Formula E tidak lagi membebani biaya APBD untuk pelaksanaan kompetisi tahun 2022, 2023 dan 2024.

Karena commitment fee yang telah dibayarkan sebesar Rp 560 miliar akan menjadi fee untuk seluruh tahun penyelenggaraan yang tersisa.

"Biaya pelaksanaan per tahun sekitar Rp 150 miliar, tidak dibayarkan oleh APBD tapi akan bersumber dari sponsorship yang akan dilakukan oleh Jakpro," bunyi keterangan tertulis yang dibuat Pemprov DKI.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP