Netral English Netral Mandarin
17:52wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
PDIP Yakini Ada Fraksi Lain Ikut Berjuang Gulirkan Hak Interpelasi Formula-E

Jumat, 03-September-2021 21:00

PDIP dan PSI Sampaikan Interpelasi Formula-E
Foto : Istimewa
PDIP dan PSI Sampaikan Interpelasi Formula-E
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tak menutup kemungkinan ada fraksi lain di DPRD DKI Jakarta yang mengikuti jejak PDI Perjuangan dan PSI menggunakan hak interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan ihwal rencana pagelaran Formula E. 

"Insyaallah ada. Pada saatnya nanti insyallah," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Gembong Warsono saat dikonfirmasi awak media, Jumat (2/9/2021).

Gembong tegaskan, fraksinya akan tetap bersikeras menggulirkan interpelasi untuk mengawal uang rakyat dalam ajang mobil balap berenergi listrik tersebut. 

Kedati demikian, Sekretaris DPD PDIP DKI ini belum mengetahui pasti kapan jadwal rapat paripurna interpelasi Formula E. Tapi, menurutnya, sebelum dibawa ke Rapur hak interpelasi terlebih dulu dibahas dalam rapat badan musyawarah (Bamus) DPRD. 

"Kan harus di bamuskan dulu. Gitu," pungkasnya. 

Diketahui, PDI Perjuangan dan PSI resmi mengajukan hak interpelasi penyelenggaraan Formula E. Ada 33 anggota DPRD yang menyetujui interpelasi tersebut dan membubuhkan tanda tangan.

Ada 25 anggota dari PDIP sedangkan PSI 8 orang. Sehingga telah memenuhi tata tertib hak interpelasi dengan syarat minimal 2 fraksi dan 15 anggota dewan.

"Hari ini menyerahkan tanda tangan kami untuk memberikan sebuah hak interpelasi kepada saudara gubernur," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan, Rasyidi di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (26/8/2021).

Berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ajang Formula E harus menggunakan APBD DKI. Sedangkan APBD DKI anjlok akibat pandemi COVID-19. Gelaran mobil balap berenergi listrik ini juga dianggap membebani DKI. 

Ketika dua fraksi gulirkan hak interpelasi, ada 7 Fraksi DPRD DKI menggelar silahturahmi dengan Gubernur Anies Baswedan di Rumah Dinas Gubernur Anies Baswedan di Menteng, Jakarta Pusat. Diklaim juga jika ada 73 anggota DPRD DKI dari 7 fraksi tersebut tidak setuju adanya interpelasi.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP