Netral English Netral Mandarin
12:21wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Pelanggaran! Pemilik Copot Segel Bangunan Tak Berizin di Kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke 

Senin, 23-Agustus-2021 12:45

Bangunan tak Berizin di Muara Angke
Foto : Istimewa
Bangunan tak Berizin di Muara Angke
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengawasan terhadap bangunan bermasalah atau liar yang ada di kawasan Pelabuhan Muara Angke Penjaringan, Jakarta Utara kembali dikeluhkan warga sekitar. 

Lantaran, segel dan garis polisi yang dipasang petugas Satpol PP hilang dicopot pemilik. Tak hanya itu, pengerjaan pun kembali dilanjutkan meski sebelumnya dihentikan petugas karena tidak adanya izin bangunan (IMB).

"Pengawasan yang dilakukan Pemda DKI kendor, pemilik mencopot segel dan  garis polisi yang dipasang Satpol PP. Bahkan, sejumlah pekerja diam-diam kembali melanjutkan proyek bangunan," terang Haris (45), salah satu warga.

Menurutnya, petugas Satpol PP maupun Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta diminta untuk lebih tegas . Terlebih, petugas telah memberikan segel dan menghentikan, tetapi pemilik kembali melanggarnya. 

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, sebelumnya meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) , tidak kecuali Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) untuk mengawasi aset yang dimiliki Pemprov. 

Sebagaimana diketahui, bangunan yang diperuntukan untuk gudang peralatan kapal di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke Penjaringan tersebut dihentikan dan disegel Satpol PP Jakarta Utara, karena berdiri di atas lahan milik Dinas KPKP DKI.

Tak hanya itu, keberadaan proyek bangunan di atas lahan 3.000 meter tersebut belakangan juga menutup fasilitas umum (fasum) yang ada di dekat dermaga. Sehingga, akses nelayan dan juga pekerja di pelabuhan terhambat.

"Pengawasan lahan tentu ada bidangnya masing-masing, tiap dinas ada pengawasannya," ucap Ariza di Balaikota,  menanggapi adanya dugaan penyerobotan lahan milik DKI di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Senin (26/7/2021). 

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati saat dikonfirmasi, terkait pengawasan lahan seperti yang telah ditegaskan Wagub Ariza terkesan bungkam. 

Baik ketika dihubungi melalui telepon seluler, maupun pesan singkat tidak diresponnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani