3
Netral English Netral Mandarin
20:46 wib
Jajaran pengurus dan kader Partai Demokrat se-Sumatera Utara menolak penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) ilegal yang kabarnya digelar di salah satu hotel di Kabupaten Deli Serdang. Presiden Jokowi meminta Kementerian Perdagangan untuk gencar mengkampanyekan slogan cinta produk-produk Indonesia, sekaligus benci produk luar negeri.
Pemerintah akan Datangkan Vaksin Selain Sinovac, Ini Saran PPI Inggris

Selasa, 02-Februari-2021 13:40

Pemerintah akan datangkan vaksin selain Sinovac.
Foto : acbnet
Pemerintah akan datangkan vaksin selain Sinovac.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hingga kini, vaksin Sinovac asal Cina menjadi satu-satunya vaksin Covid-19 yang telah masuk dan diimplementasikan di Indonesia.  Namun demikian, Dida tidak memungkiri bahwa pemerintah juga sedang dalam tahap menjajaki kerja sama dengan produsen vaksin selain Sinovac, seperti AstraZeneca, Novavax, Pfizer, dan Moderna.

Menurut dr. Jarir At Thobari, Ph.D., dari Universitas Gadjah Mada, saat ini ada tujuh kandidat vaksin Covid-19 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan. Akan tetapi, sulit dipastikan kapan vaksin-vaksin tersebut masuk ke Indonesia karena ada proses negosiasi dan penelitian, peruntukan, serta pertimbangan sarana prasarana dan ketersediaan infrastruktur.

“Setiap vaksin punya spesifikasinya tersendiri. Sinovac, misalnya, merupakan inactivated vaccine sehingga Bio Farma dapat mengembangkannya di sini. Kalau kita ingin mengembangkan vaksin dari Pfizer dan Moderna, teknologi kita disini tidak memungkinkan karena vaksin harus disimpan dalam suhu -20 derajat Celsius,” ungkap dr. Jarir, dalam siaran persnya, Selasa, (2/2/2021).

Ketua PPI UK, Gatot Subroto, M.Si., mengungkapkan bahwa para pelajar Indonesia di Inggris Raya merasa perlu untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan vaksinasi di Indonesia. “Ada kebijakan di Inggris Raya yang bisa dijadikan pelajaran,” ungkap Gatot.

Sejalan dengan hal tersebut, dr. Fahrin yang menjadi pembicara mewakili pelajar di Inggris menyampaikan pesan agar kebijakan yang diambil oleh pemerintah selalu transparan, didasarkan kepada sains dan bukti empiris, serta berperan dalam mengatasi kesenjangan.

...

 

Reporter :
Editor : Sulha Handayani