Netral English Netral Mandarin
10:02wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Pemerintah Beri Sinyal Bakal Perpanjang PPKM Darurat Enam Minggu

Rabu, 14-Juli-2021 10:45

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan
Foto : Istimewa
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sinyal akan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat makin menguat. Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengungkapkan PPKM Darurat bisa diperpanjang sampai 6 minggu.

Pernyataan Sri Mulyani itu diperkuat oleh Menko Kemaritiman dan Investasi yang juga sebagai Koordinator PPKM Darurat Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan akan konsisten memberlakukan PPKM Darurat selama kasus COVID-19 belum menurun.

Jika kasus sudah menurun, lanjutnya, otomatis tingkat keterisian ranjang perawatan di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) juga akan membaik.

"Kami konsisten terhadap PPKM Darurat ini. Selama dalam tiga minggu, kita harus melihat kasus (COVID-19) ini mulai flating dan menurun mulai awal agustus," kata Luhut Luhut dalam acara Deklarasi Gotong Royong Kementerian Tenaga Kerja dan KADIN Indonesia, Selasa (13/7/2021).

"Dan kita mulai relaksasi jika tren kasus ini terus menurun dan bed occupancy rate (BOR) tentu juga akan membaik," lanjut Luhut.

Diakui Luhut, menurunkan trend kenaikan kasus COVID bukan pekerjaan mudah. Ia berharap akhir minggu ini kondisinya lebih baik. "Dan kita berharap minggu depan sudah mulai flating. Kita harus disiplin menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan," tegas Luhut. 

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengungkapkan sinyal adanya perpanjangan PPKM Darurat. Hal itu tertulis dalam materi paparan Sri Mulyani di rapat bersama Badan Anggaran DPR RI, Senin (12/7/2021).

"Risiko pandemi COVID-19 masih tinggi, khususnya varian delta. PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus, mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan," tulis Sri Mulyani dalam bahan paparannya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani