Netral English Netral Mandarin
20:44wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Pemerintah Bersama Pengusaha Perikanan Perlu Ambil Momentum Gaya Hidup Sehat

Selasa, 20-Juli-2021 20:40

Ilustrasi Industri Ikan
Foto : Istimewa
Ilustrasi Industri Ikan
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah dan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan perlu menyadari semakin meningkatnya momentum gaya hidup sehat di tengah masyarakat, baik di dalam negeri maupun di mancanegara, untuk lebih giat lagi dalam memasarkan ikan sebagai produk pangan sehat.

"Di masa pandemi, konsumen kian menyadari pentingnya gaya hidup sehat. Salah satunya dengan cara mengonsumsi ikan," kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim di Jakarta, Selasa (20/7/2021).

Untuk itu, ujar dia, di sinilah terletak berbagai peluang yang harus dimanfaatkan secara optimal baik oleh pemerintah maupun pelaku usaha perikanan di Indonesia.

Abdul Halim juga mengemukakan bahwa KKP sudah memiliki perangkat aturan berkenaan dengan penanganan IUU Fishing dan perbudakan, yang dalam sejumlah kajian menunjukkan bahwa berbagai hal tersebut juga semakin disorot oleh konsumen perikanan.

"Tantangannya adalah bagaimana perangkat kebijakan tersebut secara konsisten dan penuh tanggung jawab dijalankan sejak dari hulu hingga hilir," ucapnya.

Ia meyakini bahwa kian banyaknya pelanggaran HAM dan praktik penangkapan ikan dengan cara-cara merusak juga akan meningkatkan kepedulian konsumen di dalam negeri, sehingga momen ini dinilai perlu disambut oleh pemerintah pusat dan daerah, serta pelaku usaha untuk memperbaiki diri.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Zulficar Mochtar mengingatkan bahwa konsumen global pada saat ini semakin kritis terhadap produk pangan perikanan yang mereka santap, termasuk berbagai aspek terkait hal tersebut. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan HP