Netral English Netral Mandarin
04:27 wib
Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1). Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021.
Pemerintah Gagal, RG: Saya Pastikan, Covid-19 Akan Pulang ke Rumah Masing-Masing

Senin, 04-January-2021 10:30

Pengamat Politik Rocky Gerung (RG) sindir Sandiaga Uno.
Foto : Geo Politik
Pengamat Politik Rocky Gerung (RG) sindir Sandiaga Uno.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pengamat Politik Rocky Gerung meyakini Covid-19 akan pulang ke rumah masing-masing, dengan cara apapun. Pasalnya saat libur Natal dan Tahun Baru, betul-betul tidak ada disiplin.

Pernyataan ini disampaikan Rocky setelah mengetahui ada sebanyak 16 juta orang yang diketahui melakukan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru. Tetapi baginya, itu semua bukan kesalahan dari masyarakat melainkan pemerintah.

“Saya pastikan Covid akan pulang ke rumah masing-masing dengan cara apapun, karena betul-betul tidak ada disiplin dan bukan kesalahan kosumen,” kata Rocky dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Senin (4/1/2020).



Menurut analisis Rocky, masyarakat melakukan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru karena adanya keinginan kelegaan. Seperti diketahui, selama satu tahun masyarakat seolah dikung-kung hingga muncul adanya kesempatan libur kecil dan dimanfaatkan sebagai upaya relaksasi batin.

“Dan pemerintah gagal lagi. Yang diucap pemerintah tes antigen, kan maksudnya biar orang jangan berpergian, dan orang ‘oke tes antigen’. Potensinya (penularan Covid-19) tetap terbuka,’ ujar Rocky.

Berdasarkan hal tersebut maka Rocky menilai bahwa pemerintah mengelola kasus kegawatdaruratan Covid-19 dengan tidak profesional. Indikatornya karena keterangan pemerintah untuk melarang orang berpergian, tidak diucapkan dengan “lebih tajam” dibandingkan dengan keterangan pemerintah terkait persiapkan rapid antigen. Akibatnya, masyarakat dengan mudah mengalokasikan dana dan melakukan rapid antigen untuk pergi ke tujuan wisata.

“Ini analisis antara kebijakan dan gagalnya kebijakan yang tidak dilakukan. Bagaimana 16 juta orang berkeliaran. Apa yang mau diucapkan pemerintah lagi?,” tanya Rocky.

Menurut prediksi Rocky, minimal ada 10 persen yang saling menginfeksi Covid-19 dan kasus Covid-19 akan bertambah. Belum lagi apabila kenyataannya, ada lebih dari 10 persen yang saling menginfeksi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani