Netral English Netral Mandarin
22:13 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Pemerintah Masih Simpan Dana Triliunan untuk Perbankan, IF: Untuk Bang Iwan Saja

Kamis, 26-November-2020 22:27

ilustrasi
Foto : istimewa
ilustrasi
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Musisi senior Iwan Fals tertarik dengan pemberitaan ekonomi yang menyoroti keuangan negara yang mengatakan pemerintah masih memiliki 2 triliun lebih dana untuk ditempatkan di perbankan. Sembari bergurau, Iwan malah mengatakan bahwa uang sebanyak itu, baiknya untuk dirinya saja, ketimbang diberikan kepada perbankan.   

"untuk bang iwan aja," canda Iwan Fals di akun Twitternya, Kamis (26/11/2020).

Sebelumnya, dalam sebuah pemberitaan, 
Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto mengatakan, pemerintah masih memiliki sisa anggaran untuk ditempatkan di perbankan. Setidaknya, masih ada sisa dana sebesar Rp 2,49 triliun.



Andin menjelaskan, pemerintah menetapkan anggaran sebesar Rp 66,99 triliun untuk penempatan dana di perbankan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dari dana tersebut, sebesar sudah tersalurkan sebesar Rp 64,5 triliun.

"Masih ada Rp 2,49 triliun sisa alokasi," ujar Andin di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Rabu (25/11/2020).

Adapun penyaluran dana tersebut sudah dilakukan kepada Himpunan Bank Negara (Himbara) sebesar Rp 47,5 triliun dan ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar Rp 14 triliun serta ke bank syariah Rp 3 triliun.

Untuk BPD, penempatan dana sudah diberikan kepada 11 BPD. Sedangkan untuk Syariah diberikan kepada tiga bank syariah. Penempatan dana di perbankan ini diberikan tenor selama enam bulan, sedangkan di Himbara tenor yang ditetapkan tiga bulan.

Menurutnya, sisa dana ini akan segera disalurkan. Sebab, saat ini sudah ada beberapa perbankan yang mengajukan diri untuk mendapatkan penempatan dana dari pemerintah.

"Saat ini sedang direview pengajuan dari beberapa BPD. Ada 11 yang nanti kita proses di minggu-minggu depan," kata dia.
 

Reporter : dimas
Editor :