3
Netral English Netral Mandarin
09:58 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Pemimpin Top ISIS Abu Yasser Dikabarkan Tewas

Sabtu, 30-January-2021 16:15

Ilustrasi pasukan Koalisi pimpinan AS
Foto : Wikipedia
Ilustrasi pasukan Koalisi pimpinan AS
0

BAGHDAD, NETRALNEWS. COM - Koalisi militer pimpinan AS mengklaim telah membunuh pemimpin puncak ISIS di Irak minggu ini dalam sebuah serangan udara yang dimaksudkan untuk memukul balik teror yang bangkit kembali setelah bom bunuh diri di Baghdad bulan ini.

Koalisi mengumumkan pada hari Jumat (29/01), bahwa Jabbar Salman Ali Farhan al-Issawi, yang dikenal sebagai Abu Yasser, tewas dalam misi bersama dengan pasukan AS dan Irak.

"Kematiannya merupakan pukulan signifikan lainnya bagi upaya kebangkitan Daesh di Irak," kata juru bicara koalisi Wayne Marotto, merujuk pada kelompok itu dengan akronim bahasa Arabnya.

“Koalisi akan terus mengeluarkan para pemimpin kunci dari medan perang dan menurunkan organisasi teroris. Teroris - Anda tidak akan pernah hidup damai - Anda akan dikejar sampai ke ujung bumi,” tambahnya.

“Kami berjanji dan memenuhi. Saya berjanji untuk mengejar teroris Daesh, kami memberi mereka tanggapan yang luar biasa. Angkatan bersenjata heroik kami telah melenyapkan komandan Daesh Abu Yaser Al-Issawi sebagai bagian dari operasi yang dipimpin intelijen," tambah Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi.

Meskipun ISIS tidak lagi memiliki petak wilayah tertentu di Irak, ISIS masih diketahui beroperasi di negara tersebut.

Sebagai pengingat akan bahaya yang terus-menerus ditimbulkan oleh kelompok itu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri ganda yang menewaskan 32 orang di Baghdad pekan lalu, serangan paling mematikan yang melanda ibu kota Irak dalam empat tahun.

Al-Issawi diyakini telah mengoordinasikan operasi ISIS di Irak dan menyampaikan arahan kepada pejuang kelompok itu di seluruh negeri.

Pasukan koalisi masih berperang melawan tentara ISIS di Irak, meskipun keberadaan pemimpin tertinggi kelompok tersebut, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, masih belum diketahui.

Al-Qurayshi dinobatkan sebagai khalifah ISIS setelah kematian Abu Bakr al-Baghdadi selama serangan pimpinan AS di Suriah pada tahun 2019.

ISIS pernah menguasai sekitar sepertiga wilayah Irak pada puncaknya dan telah menyatakan kota Mosul sebagai ibu kota "kekhalifahan".

Namun, benteng terakhirnya di Baghuz, Suriah diambil dari kelompok itu dua tahun lalu setelah kampanye  berkelanjutan.

AS sendiri masih memiliki sekitar 2.500 tentara yang tersisa di tiga pangkalan militer Irak, demikian diberitakan The Hill

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria