Netral English Netral Mandarin
23:56wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Pemprov DKI Cairkan Bansos Tahap III pada Akhir Bulan

Rabu, 29-September-2021 20:00

Gubernur DKI Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur DKI Anies Baswedan
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bantuan sosial (bansos) hingga kartu-kartu bantuan lainnya tahap III (Juli, Agustus dan September) mulai dicairkan pada Selasa (28/9/2021) kemarin.

Kepastian tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam akun pribadinya, @aniesbaswedan yang dikutip pada Rabu (29/9/2021).

"Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, memastikan dana bantuan sosial (bansos), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) dan Kartu Anak Jakarta (KAJ) tahap III (Juli, Agustus, September) mulai dicairkan tanggal 28 September," sebut akun tersebut.

Hal ini menjadi kabar baik yang ditujukan pada masyarakat Jakarta. Terkait KLJ, KPDJ dan KAJ menurut Kepala Dinas (Kadis) akan dicairkan pada akhir September, sebab adanya pemutakhiran data setelah pencairan di Triwulan II.

"KLJ, KPDJ dan KAJ akan dicairkan pada akhir September, mengingat pemutakhiran data setelah pencairan di Triwulan II," katanya.

Lebih lanjut, Premi menyampaikan pemutakhiran data dilakukan ketika penerima manfaat telah meninggal dunia atau pindah ke luar Provinsi DKI Jakarta. Dalam pencairan tahap III KLJ mendapatkan sebesar 1,8 juta, sedangkan KPDJ dan KAJ masing-masing dapat dana Rp900.000 setiap orang untuk periode yang sama.

"Dalam pencairan tahap III ini, Penerima KLJ mendapatkan bantuan sebesar Rp1,8 juta untuk periode Juli-September 2021. Sedangkan penerima KPDJ dan KAJ masing-masing mendapatkan dana sebesar Rp900.000,00 per orang untuk periode yang sama," jelasnya

Program KLJ, KPDJ, dan KAJ merupakan bantuan pemenuhan dasar berbentuk uang tunai sebesar Rp600.000,00 per orang, tiap bulan selama satu tahun. Sementara, penerima KPDJ dan KAJ masing-masing mendapatkan Rp300.000,00 per orang, setiap bulan selama satu tahun. Dana tersebut disalurkan melalui Bank DKI dan dapat dicairkan di ATM Bank DKI.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani