Netral English Netral Mandarin
04:19wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Penanganan Covid-19, Balitbang Golkar: Perlu Libatkan Stakeholder

Rabu, 01-September-2021 09:00

Balitbang Golkar Serahkan Bantuan Sosial
Foto : Istimewa
Balitbang Golkar Serahkan Bantuan Sosial
29

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diperpanjang hingga 6 September 2021 mendatang. Penurunan level PPKM di beberapa wilayah menjadi sinyal positif pertumbuhan perekonomian.

Meski demikian, penanganan pandemi Covid-19 perlu terus dilakukan dengan menggandeng stakeholder dan elemen masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua Balitbang Golkar, Jerry Sambuaga disela-sela penyaluran bantuan sosial yang dilakukan Balitbang Golkar bersama Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO), dengan dukungan beberapa pihak.

Sebanyak 1.000 paket sembako dibagikan di daerah Depok, Tangsel dan Slipi. Bantuan ini menyusul ribuan paket yang sudah disampaikan sebelumnya.

Menurut Jerry, baik masyarakat maupun pelaku usaha sama-sama punya kepentingan untuk segera lepas dari pandemi. Oleh karena itu Jerry mendorong perlunya kolaborasi semua sektor dan stakeholder.

"Semua punya kepentingan sama, karena itu kita harus kerja sama. Balitbang Golkar menilai masyarakat Indonesia punya modal sosial yang kuat sebagai modal menjalin sinergi dan kolaborasi antar elemen bangsa," kata Jerry.

Partai Golkar menurut Jerry punya filosofi merangkul dan menggerakkan seluruh komponen masyarakat. Ia berharap semua masyarakat bahu membahu demi kepentingan bersama.

Selain memberikan bantuan sosial Balitbang Golkar juga menyampaikan berbagai masukan kepada pengambil keputusan di berbagau sektor, khususnya yang berasal dari Golkar.

Jerry sendiri senang dengan partisipasi dan sambutan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam penanganan pandemi. Menurutnya masyarakat menjadi pelaku utama dalam upaya mengatasi Covid-19. Oleh karena itu peran serta masyarakat perlu ditingkatkan dan difasilitasi.

Di sela-sela pemberian bantuan sosial di beberapa daerah di Depok, Tangsel dan Slipi seorang warga meminta Ketua Balitbang Jerry Sambuaga untuk menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Pasalnya menurut warga, kehidupan mulai berangsur normal dan ekonomi mulai bisa berjalan. Peran Airlangga sebagai Menko Perekonomian dinilai sangat besar dalam penanganan pandemi baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

"Terima kasih buat Pak Airlangga dan timnya. Sekarang keadaan lebih baik. Jumlah penderita turun dan ekonomi juga mulai berjalan," kata seorang warga Tangsel.

Menanggapi hal tersebut Jerry berjanji akan menyampaikan terima kasih kepada Airlangga yang juga merupakan Ketua Umum Golkar. Ia senang dengan tanggapan positif warga terhadap upaya-upaya Pemerintah dalam menangani covid. Ini menandakan dukungan masyarakat yang menjadi modal untuk mengelola dampak covid 19.

PPKM di berbagai level masih diberlakukan di seluruh Indonesia, tapi banyak yang sudah turun levelnya. Jumlah angka penderita, positivity rate dan mortality rate juga turun signifikan. Sinyal positif juga nampak di bidang ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi 7,07 persen dinilai akan terus membaik di kuartal-kuartal mendatang. Jika ini terjadi, Indonesia akan menjadi salah satu negara yang punya pemulihan ekonomi cepat pasca pandemi.

Kembali ke bakti sosial Balitbang Golkar, sambutan positif nampak di semua daerah sasaran. Akhir pekan lalu Balitbang sebar bantuan di Pamulang, Depok dan Slipi. Menurut warga bantuan ini sangat membantu mereka yang sedang isolasi mandiri terutama mereka yang kekurangan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP