Netral English Netral Mandarin
04:03wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Penceramah Agama Bakal Disertifikasi Wawasan Kebangsaan, Teddy Gusnaidi Malah Bilang Begini

Rabu, 02-Juni-2021 07:00

Mantan Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
Foto : Istimewa
Mantan Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eks Dewan Pakar Partai Persatuan dan Kesatuan (PKPI) Teddy Gusnaidi (TG) apresiasi rencana sertifikasi wawasan kebangsaan bagi para Dai dan Penceramah Agama.

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, dalam rangka penguatan moderasi beragama, para Dai dan penceramah agama akan disertifikasi wawasan kebangsaan.

Yaqut mengatakan, sertifikasi ini terkait dengan penguatan moderasi beragama melalui kompetensi penceramah. Apalagi, katanya, jaringan stakeholders dari Kementerian Agama yang berasal dari organisasi ke masyarakat agama dan lembaga dakwah cukup luas, dan perlu berkontribusi dalam memecahkan problematika ‘what’.

Melalui cuitan di akun Twitternya Teddy mengucapkan terima kasih kepada presiden dan menteri agama terkait rencana tersebut.

"Terima kasih Pak Presiden dan Pak Menteri  @YaqutCQoumas @jokowi," tulis Teddy, Selasa (1/6/2021).

Cuitan Teddy direspon berbagai komentar pro dan kontra oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Rabu (2/6/2021).

@AmriAchank: Sertifikasi wawasan kebangsaan akan diterbitkan setelah penceramah lulus dalam tes  seperti yg di tanyakan pada mantan penyidik KPK yg disingkirka.pertanyaannya soal memilih Pancasila atau Al-Qur'an.kalau memilih Pancasila pasti lulus,kalau memilih Al-Quran pasti tdk lulus.

@Malutsua: Paling NU yg dapat sertifiktat,, kn pak Menag nya org NU Bila trcapai cita² mereka menyingkirkn para Ulama Garis lurus sperti UAS dll, kami siap mengusir para Ulama NU jika Cerama ato Da'wa d Daerah kami.. Camkn itu

@Bam_wi: Harus adil juga, semua harus disertitikasi termasuk menteri yang tamatan sma. Harus disertifikasi, apakah layak memangku bidang agama jika tak ada basic pendidikan agama, yang hanya tamatan sma.

@mikah0702: Tapi tolong sertifikasinya terbuka ya.. jangan sampai yang di KPK terjadi lagi, klu bisa online semua bisa mengakses.. seperti apa sertifikasinya. Okey

@nonoartisan666: Ane dukung penuh, udah cukup mereka2 yg dikategorikan pemuka agama tapi sering berkata kasar, mengurusin ajaran agama lain dan akhirnya membuat gaduh.Ilmu penting, tapi harus dibarengin dengan akhlak

Reporter : Nazaruli
Editor : Irawan HP