Netral English Netral Mandarin
08:22 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Pasar Jaya sebut Pendistribusian Bansos DKI Jakarta Dilakukan Secara Transparan

Kamis, 24-December-2020 10:20

Ilustrasi Bantuan Sosial
Foto : Istimewa
Ilustrasi Bantuan Sosial
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perumda Pasar Jaya menyebutkan pendistribusian bantuan sosial dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta telah dilakukan secara transparan.

"Prinsipnya Pasar Jaya selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat DKI Jakarta," kata Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

Perumda Pasar Jaya sejak pandemi dipercaya oleh Pemda DKI untuk melakukan pendistribusian sembako dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta. 



Menurut dia, dalam pendistribusian bansos ini sendiri, prosesnya memang tidak mudah mengingat sedang ada pandemi dan pembatasan sosial berskala besar yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, Pasar Jaya terus berkomitmen untuk melakukan tugas tersebut sehingga masyarakat yang terdampak ekonominya bisa terbantu.

Pasar Jaya memastikan komoditas barang bansos sesuai dengan kelengkapan item barang permintaan Pemda DKI melalui Dinas Sosial dan Dinas KPKP. Komoditas yang disediakan berupa komoditas merek nasional yang sudah familiar di masyarakat. 

Pelaksanaan bansos sendiri menurutnya terus dilakukan sebaik mungkin agar sesuai dengan harapan masyarakat. Setiap barang yang diterima oleh masyarakat jumlahnya juga sama di setiap kotak paketnya. 

Pendistribusian bansos sendiri hingga saat ini kata dia alurnya barang diturunkan di gudang dicek oleh petugas kondisinya. Kondisi yang baik tidak hanya fisik luarnya saja, tetapi petugas melakukan pengecekan hingga kondisi dalamnya.

Seperti halnya produk beras, petugas melakukan pengecekan acak untuk memastikan jenis berasnya sesuai dengan standar mutu. Proses pengepakan juga tidak mudah dan membutuhkan kehati-hatian agar tetap baik kondisinya dalam pengepakan karena barang bansos ini adalah barang yang mudah rusak.

Kemudian, petugas kembali mengecek barang yang akan diangkut ke mobil apakah barangnya kondisinya memang sudah layak didistribusikan, setelah itu barulah barang tersebut bisa diantarkan ke penerima di kantor RW masing-masing.

Terkait anggapan adanya ketidaksesuaian harga barang dalam kotak bansos, menurut dia, anggapan itu dinilai tidak tepat karena di setiap nilai bansos yang terkirim ada juga biaya distribusi, biaya tenaga kerja dan juga biaya perlengkapan kerja.

"Biaya bansos tersebut tidak terpisahkan dalam proses distribusi dari Pasar Jaya ke masing-masing RW," katanya.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli